SOLOPOS.COM - Kebakaran di RS Panti Nugroho, Pakem, Kabupaten Sleman, Jumat (12/1/2024) sore. (Istimewa-Polsek Pakem)

Solopos.com, SLEMAN — Peristiwa kebakaran melanda bangunan Rumah Sakit (RS) Panti Nugroho di Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/1/2024) sore. Berikut kronologi peristiwa kebakaran di RS Panti Nugroho Pakem, Sleman itu.

Kapolsek Pakem, AKP Samiyono, kebakaran melanda gedung administrasi dan arsip milik rumah sakit itu. Kebakaran terjadi pada Jumat sore, sekitar pukul 15.45 WIB.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

“Waktu kejadiannya diketahui pada Jumat 12 Januari 2024, lebih kurang pukul 15.45 WIB,” jelas Samiyono.

Kobaran api kebakaran kali pertama diketahui saksi Eko yang merupakan juru parkir di RS Panti Nugroho Sleman. Kala itu Eko melihat kepulan asap keluar dari gedung. Mengetahui kejadian itu Eko lantas buru-buru melapor ke satpam rumah sakit.

“Atas laporan tersebut satpam RS Panti Nugroho langsung mengambil alat pemadam kebakaran api ringan [APAR] dan mendatangi gedung tersebut,” lanjut Samiyono.

Petugas satpam, kata Samiyono, berusaha memadamkan kobaran api dari dalam dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran yang dibawanya. Upaya memadamkan api juga dilakukan dengan membuka air kran yang disemprotkan lewat selang.

“Akan tetapi api belum bisa dipadamkan dan api menjadi besar. Selang tidak lama Damkar Kabupaten Sleman datang dan berusaha memadamkan api,” imbuhnya.

Tiga unit damkar Kabupaten Sleman, satu unit damkar UGM dan satu unit Damkar BPBD Sleman diterjunkan untuk memadamkan api kebakaran di RS Panti Nugroho. Dibantu warga sekitar, relawan, SAR Kaliurang hingga personel Polsek Pakem, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dari insiden ini, tetapi Samiyono menyebut sejumlah arsip runah sakit terbakar dalam kejadian ini. “Dampaknya kantor atau ruang Administrasi RS Panti Nugroho berserta arsip-arsip terbakar,” tegasnya.

Ikhwal penyebab terjadinya kebakaran, diduga karena korsleting listrik. “Penyebab kebakaran dimungkinkan dari korsleting listrik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya