SOLOPOS.COM - Mobil laboratorium lingkungan hidup milik DLH Jogja yang digunakan untuk mengukur kualitas udara. - Istimewa

Solopos.com, JOGJA — Kualitas udara di Kota Jogja mengalami penurunan akibat adanya partikel debu atau P2,5. Angka partikel debut ini di atas 50 dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Sehingga kualitas udara di Jogja masuk dalam kategori sedang.

Padahal, sebelum Agustus, partikel debu di Jogja masuk kategori baik di mana angkanya kurang dari 50 ISPU.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja menjelaskan penyebab utama peningkatan polusi partikel debu ini karena musim kemarau berkepanjangan.

Perhitungan DLH dengan Air Quality Monitoring System (AQMS) juga menunjukkan parameter lain kualitas udara. Untuk parameter gas yang meliputi ozon, nitrogen dioksida, hingga sulfur dioksida masih dalam kategori baik.

Sedangkan parameter meteorologis seperti tekanan udara, kelembaban, hingga suhu juga dalam kondisi baik.

Perhitungan terbaru DLH Jogja dilakukan menggunakan mobil laboratorium kualitas lingkungan di empat titik yaitu Jl. Kemasan, Jl Cendana, Tamansari, dan Tugu juga masih menunggu hasil.

“Kemungkinan akan lebih mirip hasilnya, memang kalau partikel debu P2,5 ini terjadi peningkatan yang menurunkan kualitas udara di Kota Jogja,” jelas Analis Kebijakan DLH Kota Jogja, Intan Dewani, Selasa (26/9/2023).

Intan menjelaskan selain faktor cuaca, peningkatan partikel debu juga disebabkan oleh sektor transportasi dan industri.

“Karena memang kalau kendaraan itu juga mengeluarkan partikel pencemar udara juga tapi tetap faktor utamanya cuaca yang masuk musim kemarau,” paparnya.

DLH Jogja, jelas Intan, akan terus menggencarkan pemantauan dan pengukuran kualitas udara agar dapat menentukan langkah-langkah mitigasi.

“Sebelumnya ada AQMS yang itu real time pengukurannya tpai jaraknya hanya terbatas lima kilometer saja, sekarang sudah ada mobil laboratorium lingkungan ini sehingga dapat lebih luas jangkauan pantauan dan pengukurannya,” kata dia.

Perluasan jangkauan pengukuran kualitas udara diperlukan, jelas Intan, karena tiap titik bisa berbeda-beda kualitas udaranya.

“Semakin komprehensif pengukurannya semakin banyak pilihan langkah yang efektif untuk melakukan mitigasi,” ujarnya.

Intan menyampaikan mitigasi kualitas udara di Jogja bisa dilakukan dengan beragam cara.

“Tergantung parameter apa yang memburuk kualitasnya, lalu disebabkan oleh apa. Kalau dengan kondisi sekarang karena cuaca, tentu tidak banyak yang bisa dilakukan, tapi menjaga kendaraan agar tidak banyak mengeluarkan emisi juga penting dilakukan,” ungkap dia.

Menurunnya kualitas udara di Jogja juga menyebabkan peningkatan pasien infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Data Dinas Kesehatan mencatat terjadi lonjakan peningkatan pasien ISPA sebanyak 40% selama Agustus dan September.

Dinkes Jogja menyebut penyebab peningkatan ini karena musim kemarau berkepanjangan yang berdampak langsung ke kesehatan masyarakat. Untuk mengantisipasinya, Dinkes meminta masyarakat mulai menggunakan masker dan menjaga stamina tubuh.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kualitas Udara Jogja Menurun, DLH Klaim Debu Biang Utamanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya