SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video suasana kabut tebal yang menyelimuti Pantai Kukup di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari pada Senin (25/9/2023) siang. (Harian Jogja - David Kurniawan)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Kabut tebal menyelimuti kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Senin (25/9/2023) siang hingga sore. Akibat fenomena ini, pada siang hari, kondisi pantai semakin gelap.

Seorang pedagang di Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Mujiyanto, mengatakan kabut tebal terlihat di sepanjang Pantai Kukup hingga Mbuluk. Fenomena alam ini tergolong aneh karena terjadi pada saat siang hari.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Mulainya sekitar pukul 11.00 WIB hingga sore ini malah semakin gelap,” kata Pak Ji, sapaan akrabnya kepada wartawan, Senin sore.

Menurut dia, kabut yang muncul di kawasan pantai bukan berasal dari aktivitias pembakaran. Pasalnya, di areanya tidak ada yang melakukan pembakaran.

“Ini murni fenomena alam dan biasanya terjadi di sepanjang pantai, tidak hanya di Kukup,” katanya.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan fenomena kabut tebal terjadi pada bulan September ini. Seingat dirinya, sudah lama tidak terjadi turunnya kabut tebal saat siang hari.

“Untuk sekarang sudah aman karena mulai menghilang,” katanya.

Meski demikian, ia berharap kepada nelayan untuk tetap berhati-hati agar tidak ada masalah berkaitan dengan turunnya kabut tebal ini.

“Pastinya akan mengganggu aktivitas saat melaut. Jadi, harus berhati-hati. Untuk kondisi gelombagng terpantau landai,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kabut Tebal Selimuti Kawasan Pantai Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya