SOLOPOS.COM - Petugas mengecek kelengkapan bus pariwisata di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya, Rabu (29/11/2023) hingga Jumat (1/12/2023). (Istimewa/Dishub Bantul)

Solopos.com, BANTUL — Puluhan bus pariwisata yang masuk ke Kabupaten Bantul didapati tidak memiliki kelengkapan operasional. Bahkan ada sopir bus pariwisata yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Bantul, Toto Pamudji Rahardjo, mengatakan pihaknya bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Daerah Istimewa Yogyakarta, Jasa Raharja, dan Ditlantas Polda DIY melakukan penegakan hukum terhadap bus pariwisata itu selama tiga hari, Rabu (29/11/2023) hingga Jumat (1/12/2023).

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Dari operasi yang dilakukan, kata dia, ada 32 unit bus pariwisata yang terjaring razia. Beberapa bus sudah memenuhi kelengkapan operasional, tetapi ada beberapa bus yang belum lengkap.

“Beberapa sudah lengkap izinnya, juga kelengkapan sopir sudah terpenuhi,” kata dia, Jumat (1/12/2023).

Beberapa bus yang belum lengkap di antaranya enam unit izin ujinya kadaluarsa, 11 unit tidak memiliki Penerbitan Kartu Pengawasan (KPS), dan 12 unit tidak lengkap STNK serta sopirnya tidak memiliki SIM.

“Semuanya sudah dilaksanakan penindakan,” ungkapnya.

Untuk armada yang tidak memiliki STNK dan SIM langasung ditilang oleh Ditlantas Polda DIY. Kemudian untuk pelanggaran tidak memiliki KPS atau KPS kadaluarsa ditangani oleh BPTD DIY.

“Sesuai ranah masing-masing langsung menindak di TKP,” paparnya.

Bus-bus tersebut sebagian besar berasal dari luar kota yang masuk ke Bantul untuk berwisata. “Mereka datang dari beberapa penjuru lokasi, berwisata di wilayah Bantul, terutama di Parangtritis. Rata-rata dari luar daerah,” kata dia.

Operasi ini rutin dilaksanakan setiap tahun terutama menjelang momen liburan, baik Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru.

“Ini bagian dari kami untuk melindungi masyarakat ketika mereka menggunakan sarana transportasi darat,” ujarnya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru ini, Dishub Bantul akan kembali menggelar ramp check yang dijadwalkan pada Desember.

“Lokasi sudah kami target, Desember ini akan kami laksanakan kembali bersama dengan BPTD DIY dan Dishub provinsi,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Duh! Sejumlah Bus Wisata Tak Miliki Kelengkapan Operasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya