SOLOPOS.COM - Suasana keramaianPantai Glagah oleh wisatawan yang didominasi rombongan keluarga dari luar daerah, Minggu (14/4 - 2024).

Solopos.com, KULONPROGO – Libur Lebaran 2024 menjadi momen untuk berkumpul dan berwisata bersama keluarga. Tempat wisata penuh sesak dipadati wisatawan saat musim libur Lebaran.

Seperti yang terjadi di tempat wisata Pantai Glagah dan Waduk Sermo di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua tempat wisata ini menjadi destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Wisatawan di Pantai Glagah tercatat sudah mencapai puluhan ribu orang. Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah mencatat pada Sabtu (13/4/2024) ada sekitar 13.000 wisatawan. Sedangkan pada Jumat (12/4/2024) terdapat sekitar 10.000 orang; Kamis (11/4/2024) ada 8.900 wisatawan; dan pada Minggu (14/4/2024) hingga siang hari terdapat sekitar 8.000 wisatawan.

Lonjakan jumlah pengunjung Pantai Glagah itu pun sudah diantisipasi oleh Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo dengan meningkatkan intensitas penjagaan.

Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, menjelaskan hingga Minggu siang tidak ada kecelakaan laut di seluruh wilayah Bumi Binangun.

“Jumlah wisatawan juga tak sebanyak tahun sebelumnya jika dari pantauan kami, tahun lalu puncak libur Lebaran itu ada sekitar 15.000 wisatawan dalam satu hari,” kata dia.

Aris menyebut lebih sedikitnya wisatawan juga memudahkan pihaknya melakukan pengamanan.

“Tidak ada kendala berarti, sebagian besar wisatawan juga mentaati arahan kami, semuanya terjaga aman,” katanya.

Seorang pedagang di Pantai Glagah, Sri Widiarti, mengatakan jumlah pengunjung pada momen Lebaran tahun ini memang banyak, tetapi angka kunjungannya masih lebih rendah jika dibandingkan pada momen Lebaran 2023.

“Memang ramai, tetapi tidak sebanyak tahun lalu, omzet juga hampir sama. Sehari paling ramai kemarin dapat Rp1 juta,” kata dia.

Padahal Sri berharap wisatawan lebih ramai dari sebelumnya untuk menutup minimnya omzet pada hari biasa.

“Tetapi semoga masih ramai setelah ini, anak sekolah juga masih libur semoga besok-besok tetap ramai lagi,” tuturnya.

Sri menyampaikan kebanyakan wisatawan di Pantai Glagah adalah rombongan keluarga.

Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan juga dialami di Waduk Sermo dibanding hari biasa. Puncak kunjungan wisatawan di sana pada Jumat (12/4/2024) kemarin dengan jumlah 854 orang.

Salah satu petugas TPR Waduk Sermo, Pujo menyebut sejak Jumat kemarin jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat itu di atas 500 orang.

“Biasanya hanya 200an wisatawan saja,” terangnya.

Wisatawan di Waduk Sermo tercatat pada Sabtu kemarin terdapat 712 orang. Lalu pada Minggu (14/4/2024) hingga siang hari tercatat ada 402 wisatawan.

“Semoga terus ramai, karena kalau sudah masuk hari biasa biasanya dibawah 100 pengunjung per hari,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Wisatawan Kulonprogo Melonjak, Pengamanan Ditingkatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya