SOLOPOS.COM - Ilustrasi tambang emas. (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO — Para penambang emas di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diminta untuk tidak menggunakan merkuri dalam praktik pertambangan emas skala kecil (PESK). Para penambang bisa menggunakan sianida untuk mengganti merkuri.

Penggantian merkuri dalam aktivitas pertambangan emas itu dikampanyekan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo bersaama Pemerintahan Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, Kapanewon Kokap, pada Jumat (17/11/2023).

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kampanye tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) Kulonprogo No. 59/2022 tentang Perubahan atas Perbup Kulonprogo No. 18/2021 tentang Rencana Aksi Daerah Penghapusan Merkuri.

Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kulonprogo, Toni,  mengatakan kampanye tersebut dilakukan dengan pemasangan banner di 20 titik di dua kalurahan tersebut. Pasalnya, Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo merupakan daerah yang memiliki wilayah pertambangan rakyat (WPR).

“Penghapusan merkuri tidak bisa hanya diatasi Dinas Lingkungan Hidup tapi perlu kolaborasi. Hari ini kami mulai sosialisasi dengan tindak lanjut pemasangan banner dan poster mengenai pelarangan penggunaan merkuri di lebih 20 titik baik di Kalirejo maupun Hargorejo,” kata Toni ditemui di kantornya.

Sementara Lurah Kalirejo, Lana, mengatakan penambang di wilayahnya sering mendapat pelatihan mengenai pengolahan emas menggunakan sianide atau sianidasi. Pelatihan berasal dari Pemkal setempat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan UGM.

“Pekan lalu baru saja selesai pelatihan mengenai bagaimana menangkap biji emas dengan kandungan yang ada dengan menyinkronkan dengan sianida,” katanya.

Dia menyampaikan saat ini para penambang dalam proses peralihan dari merkuri ke sianida. Dari lima koperasi baru ada dua yang telah menggunakan sianida.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Merkuri di Tambang Emas Kulonprogo Tak Lagi Dipakai, Ini Bahan Penggantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya