SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, JOGJA — Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023) pukul 21.35 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km itu juga terasa getarannya hingga Pangandaran, Garut, dan Bantul.

Kepala Stageof Sleman BMKG Jogja Setyoajie Prayoedhie menjelaskan dari hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan Magnitudo 4,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.41° LS; 109.05° BT tepatnya di laut pada jarak 76 km arah Tenggara Cilacap, Jawa Tengah dengan kedalaman 10 Km.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Lebih jauh, Setyo memaparkan jenis dan mekanisme gempa bumi tersebut. Gempa bumi yang terjadi di Cilacap tersebut termasuk jenis gempa bumi dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar di laut,” terangnya melalui siaran persnya, Selasa (5/9/2023).

Disebutkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pangandaran III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas) Garut, Tasikmalaya II-III MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan seperti truk yang melintas), Cilacap, Bantul II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga pukul 22.00 WIB, lanjut Setyo, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” jelas Setyo.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Cilacap Malam Ini, Begini Penjelasan BMKG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya