SOLOPOS.COM - Ilustrasi keracunan. (Freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Puluhan warga di Kalurahan Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diduga mengalami keracunan. Para warga tersebut mengalami diare, pusing, muntah, dan panas.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama, mengatakan dari laporan Puskesmas Cangkringan pada Minggu (6/8/2023) ada kegiatan lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di wilayah Kepuharjo. Pada Senin-Rabu (7-9/8/2023) ada beberapa warga dari sejumlah dusun di Kepuharjo yang mengalami diare dan muntah.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

“Sementara belum kejelasan makanan apa yang dikonsumsi,” kata dia, Kamis (10/8/2023).

Terkait kejadian itu, Puskesmas Cangkringan kemudian memberikan pertolongan medis kepada warga yang mengalami diare tersebut.

“Mereka juga menginvestigasi di masyarakat, sementara ini tidak ada perluasan kasus. Karena lokasinya tersebar dan sementara tidak ada sampel makanan yang ditemukan,” kata dia.

Adapun total warga yang merasakan gejala tersebut sebanyak 24 orang yang tersebar di sejumlah padukuhan, yakni Kepuh, Jambu, Batur, Kopeng, Pagerjurang, dan Padukuhan Salam Kalurahan Wukirsari. Namun ia menegaskan tidak semuanya diare.

“Ada yang hanya batuk pilek, saya masih sangsi kalau keracunan makanan, karena mereka tidak makan di kelurahan,” paparnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati, menuturkan dari hasil investigasi, kejadian ini bukan merupakan keracunan.

“Tapi memang karena peningkatan kasus diare yang terjadi di beberapa dusun karena penyebab diare berbeda dan tidak ada hubungan epidemiologi,” ungkapnya.

Adapun beberapa tindaklanjut dari kejadian ini di antaranya memeriksa penderita yang masih bergejala, melakukan penyelidikan epidemiolog dengan penderita, edukasi tentang diare, serta koordinasi dengan pihak kalurahan apabila terjadi peningkatan kasus atau gejala pada penderita.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Puluhan Warga Kepuharjo Diare dan Muntah-Muntah, Dinkes Sleman: Bukan Keracunan Makanan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya