SOLOPOS.COM - Erwin, warga RT03, Padukuhan Sanggrahan saat menunjukan dinding rumah retak yang diduga karena pembanguann tol di belakang rumahnya, Selasa (19/12/2023). - (Harian Jogja/David Kurniawan)

Solopos.com, SLEMAN — Satu rumah di RT 003, Padukuhan Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, rusak karena terdampak proyek pembangunan jalan tol Jogja-Bawen seksi 1.

Warga yang rumahnya rusak, Erwin, mengatakan rumahnya hanya berjarak sekitar satu meter dari proyek jalan tol Jogja-Bawen. Rumahnya hanya terpisahkan sisa bangunan rumah yang telah dirobohkan. Dari belakang rumahnya terlihat jelas tumpukan-tumpukan besi serta aktivitas pengerjaan tol.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dia mengakui keretakan terjadi di dapur, ruang tengah, dan di salah satu kamar. Rumahnya sudah ada sejak sebelum adanya pembangunan tol.

“Sejak ada pembangunan [tol] ada retakan-retakan di tembok bagian belakang yang berbatasan dengan area pembangunan,” kata dia saat ditemui di rumahnya, Selasa (19/12/2023).

Erwin menuturkan kerusakan ini telah disampaikan kepada pihak tol dan sempat ada respons dengan mendatangi rumahnya. Namun, hingga kini belum ada realisasi untuk perbaikan.

“Harapannya bisa diperbaiki,” ujarnya.

Erwin menduga tembok rumah retak dikarenakan lalu lalang kendaraan berat, khususnya saat pemadatan lokasi jalan tol. Selain itu, juga ada aktivitas truk pengangkut material tanah urug ke lokasi pengerjaan.

“Yang paling terasa pada saat pemadatan dengan alat berat. Rasanya seperti terjadi gempa karena ada getaran-getarannya,” ungkap Erwin.

Kepala Dusun Sanggrahan, Vivi Listyaningrum, membenarkan adanya rumah rusak akibat pengerjaan proyek tol di wilayahnya. Menurut dia, kerusakan rumah sudah dilaporkan ke pihak yang mengerjakan pembangunan tol.

“Sudah ada respons terkait dengan hal itu [kerusakan rumah],” katanya.

Terpisah, Humas PT Jasamarga Jogja-Bawen, Rizky Nugraha, mengatakan akan mengecek detail kerusakan rumah warga Sanggrahan yang mengalami keretakan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Adhikarya selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol Jogja-Bawen Seksi 1.

“Nanti tim proyek akan kesana untuk mengeceknya,” kata Rizky.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terdampak Proyek Tol Jogja-Bawen, Warga Sleman Ini Mengeluh Rumahnya Retak-Retak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya