SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (12/2/2024). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X, menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo meminta tolong untuk dijembatani saat akan bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Poin itu menjadi salah satu topik pembicaraan yang disampaikan Presiden Jokowi saat bertemu Sri Sultan beberapa waktu lalu.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Jokowi meminta kepada Sultan untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati.

“Betul, tapi saya kan menunggu Presiden [Jokowi]. Kan saya akan menjembatani terserah Presiden, gitu aja. Ya menunggu, kalau memang Presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau engga ya engga apa-apa,” kata Sultan, Senin (12/2/2024).

Sultan menyebut, dalam pembicaraan itu Jokowi hanya meminta tolong. Namun inisiatif untuk bertemu dengan Megawati tetap menjadi hak pribadi dan kewenangan dari Jokowi. Sultan menjelaskan, dalam konteks pembicaraan itu dirinya hanya diminta untuk memfasilitasi jika memang Jokowi hendak bertemu Megawati.

“Ya makanya itu, kan bukan saya yang ambil inisiatif, yang ambil inisiatif itu kan Bapak Presiden sendiri. Ya terserah Presiden mau perlu ketemu Mbak Mega ya saya fasilitasi,” ujarnya.

Hanya saja, Sultan menegaskan bahwa dirinya tidak akan mendahului untuk langsung berkomunikasi dengan Megawati untuk menjembatani pertemuan itu.

“Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur, tapi kalau saya kan sifatnya pasif. Kalau Presiden ‘bilang tolong mbok saya dianter.’ Kalau engga ada ya engga to? Ya terserah Presiden sendiri. Saya kan pasif, bukan ngoyak-oyak [mengejar-ngejar],” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut sempat bertanya kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X, apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Obrolan antara Jokowi dan Sultan HB X itu diungkap oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Dia menyampaikan bahwa sempat bertemu dengan Sultan HB X seusai bertemu dengan Jokowi.

Menurut Connie, Jokowi sempat bertanya kepada Sultan HB X apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati, apabila Raja Kasultanan Yogyakarta itu bertemu dengannya.

“Dia [Jokowi] bilang, ‘Kalau nanti bertemu dengan Ibu Mega, Sultan berkenan enggak memfasilitasi?’. Bukan [Jokowi] minta [dipertemukan dengan Megawati],” katanya dikutip dari Bisnis.com, Jumat (9/2/2024).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diminta Jokowi untuk Fasilitasi Pertemuan dengan Megawati, Begini Reaksi Sri Sultan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya