SOLOPOS.COM - Stasiun Tugu (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, JOGJA — Stasiun Tugu Yogyakarta akan direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan. Rencananya, proses revitalisasi ini membutuhkan waktu antara satu hingga dua tahun.

EVP of Corportae Secretary PT KAI (Persero), Raden Agus Dwinanto, mengatakan pihaknya menyambut baik program revitalisasi dari Kemenhub ini. Selain merevitalisasi Stasiun Tugu, Kemenhub juga akan melakukan perbaikan sejumlah stasiun di Pulau Jawa.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Menurutnya waktu yang dibutuhkan revitalisasi akan mengikuti perencanaan desainnya, bisa satu hingga dua tahun. Sementara untuk beautifikasi diharapkan bisa rampung tahun ini.

“Untuk waktu [revitalisasi] tentu saja mengikuti perencanaan desainnya, bisa 1 atau 2 tahun,” ucapnya, Rabu (3/01/2024).

Sementara itu, terkait anggaran yang dibutuhkan saat ini masih dilakukan koordinasi dengan Kemenhub. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

“Masih akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub terkait anggaran yang disiapkan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan penataan stasiun harus melihat aspek pelayanan yang lebih baik, dan tentunya dilakukan beberapa tahapan. PT KAI (Persero) mendukung melalui program beautifikasi dan kemudahan akses stasiun seperti parkir diharapkan bisa rampung tahun ini.

Khususnya di DIY, dia menyebut terjadi pertumbuhan penumpang kereta api (KA) baik jarak jauh, KA Bandara, dan KRL dalam dua tahun terakhir.

“Kami menyambut baik program kemenhub terkait revitalisasi stasiun stasiun,” paparnya.

Sebelumnya, Pemda DIY menyatakan rencana revitalisasi Stasiun Tugu memang sudah lama diwacanakan untuk meningkatkan pelayanan di wilayah setempat.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan rencana revitalisasi stasiun Tugu secara makro sudah lama direncanakan. Pasalnya stasiun yang letaknya berdekatan dengan kawasan Malioboro ini menjadi salah satu stasiun tersibuk di Indonesia.

“Kalau rencana makronya sudah lama kawasan stasiun Tugu direnovasi untuk peningkatan pelayanan termasuk Stasiun Lempuyangan kapasitas pelayanannya ditingkatkan,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Revitalisasi Stasiun Tugu Butuh Waktu 1-2 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya