SOLOPOS.COM - Lokasi proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja di wilayah Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Senin (10/7/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SLEMAN — Ratusan pohon milik Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bakal ditebang dan dipindahkan karena terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Solo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani, mengatakan ada ratusan pohon peneduh di kawasan Ring Road yang bakal ditebang karena terdampak proyek tol. Ratusan pohon tersebut berjajar dari flyover Jombor hingga tikungan Ngawen.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

“Untuk pekerjaan tol dari jembatan Jombor sampai tikungan Ngawen, ada 250 pohon yang ditebang dan akan diganti,” kata Epi dikonfirmasi pada Jumat (15/9/2023).

Epi menjelaskan kondisi pohon yang terdampak tol Jogja-Solo akan ditinjau terlebih dulu. Jika memungkinkan akan ditanam kembali di area yang tidak mengganggu pembangunan tol.

“Kalau memang masih ada yang bisa ditanam, biar mereka [pohon] jangan tebang tapi diambil per pohon,” katanya.

Namun, Epi menggarisbawahi meskipun terdampak tol, nantinya pohon di area tersebut jumlahnya harus tetap sama seperti sebelumnya. “Yang penting jumlah pohon di situ enggak berkurang. Kan prinsipnya itu,” tegasnya.

Pasalnya selain berfungsi sebagai peneduh jalan, pohon-pohon di area Ring Road tersebut juga menjadi penyuplai oksigen.

“Agar kita nanti enggak kekurangan oksigen. Kalau nanti kurang [jumlah pohonnya] nanti kita kekurangan oksigen,” katanya.

Sebelumnya, Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Solo-Jogja Paket 2.2, Agung Murhandjanto, mengungkapkan ada 12 item utilitas yang akan dibongkar maupun direlokasi. Belasan item tersebut mencakup guadrail, tiang PJU sementara, tiang listrik, perambuan, lampu merah solar cell, radio frekuensi, patok delineator, halte, dua kabel provider, satu kabel Internet termasuk pohon.

Pembongkaran dan relokasi utilitas ini akan dilakukan mulai 8 September 2023 hingga 31 Desember 2023 dengan estimasi waktu 115 hari.

Pohon menjadi salah satu utilitas yang rencananya turut dibongkar sebelum pembangunan tol Jogja-Solo Paket 2.2 di kawasan Ring Road berlangsung. Rencananya pohon di kawasan tersebut bakal dibongkar pada September ini. Pembongkarannya dilakukan selama 45 hari hingga 26 Oktober 2023 nanti.  “Pohon milik DLH Sleman,” kata Agung.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terdampak Tol Jogja-Solo, Ratusan Pohon di Ring Road Bakal Kena Gusur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya