SOLOPOS.COM - Garis polisi terpasang di lokasi kejadian, di Patehan, Kraton, Selasa (7/5/2024). (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, JOGJA – Peristiwa tragis terjadi di Jalan Nagan Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja, Selasa (7/5/2024) pagi. Dua pekerja bangunan tertimpa dak atau cor beton dan tumpukan genting saat sedang membongkar rumah di Jalan Nagan Kidul. Dalam peristiwa itu, satu orang meninggal dunia.

Tetangga rumah yang roboh, Yani, menjelaskan kejadian ini berlangsung pada sekitar 08.30 WIB.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Tadi dengar suara teriak tolong, langsung makbrug, saya lihat udah ada banyak orang. Suaranya keras sampai bergetar,” ujarnya.

Rumah tersebut memang sedang dibongkar dan pemiliknya tidak berada di lokasi. Saat kejadian, dua pekerja bangunan di lokasi menjadi korban tertimpa dak, satu orang luka-luka, satu orang meninggal di tempat.

“Ketimpaan genteng [dan dak] yang meninggal,” katanya.

Dua pekerja tersebut sedang dalam posisi di bawah dak sebelum kejadian. Sementara di atas dak terdapat tumpukan genting yang sudah dibongkar. Dak itu runtuh lantaran memang sudah rapuh.

“Karena tidak ada cokrokannya, jadi dibongkar dikit ambruk,” ungkap tetangga yang lain, Yuli.

Warga tidak bisa langsung mengevakuasi korban karena harus menggunakan alat berat untuk mengangkat dak dan tumpukan genting yang runtuh. Evakuasi baru bisa dilakukan sekitar pukul 09.45 WIB setelah petugas dari BPBD dan Damkarmat Kota Jogja tiba di lokasi.

Berdasarkan asesmen Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, korban meninggal bernama Maryono, 25, dibawa ke RS Bhayangkara. Sedangkan korban luka Sencaki Mahendra, 47, dengan kondisi suspek fraktur terbuka, dibawa ke RS Panti Rapih.

Keduanya bukan merupakan warga setempat, melainkan pekerja bangunan yang dibawa oleh pemborong yang mengerjakan pembongkaran rumah tersebut. Rumah yang dibongkar terdiri dari dua lantai dengan luas 3X6 meter persegi. Setelah kejadian ini pembongkaran pun dihentikan sementara.

Yuli menuturkan pembongkaran rumah sudah dilakukan sehari sebelumnya. Beberapa warga di sekitar lokasi ini memang sedang membongkar rumahnya, karena lahannya dibebaskan oleh Pemda DIY untuk proyek revitalisasi Benteng Kraton. Sebagian warga terdampak proyek sudah pindah, sebagian belum.

“Belum semua, sebagian ada yang belum pindah. Masih di sini, tapi sudah mau pindah karena sudah dapat pepunggah, jadi harus pindah. Semua harus dikosongkan, karena nemplek beteng jadi harus dikosongkan buat revitalisasi,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Dua Pekerja Bangunan di Jogja Tertimpa Cor Beton, Satu Tewas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya