SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir (dok. Espos)

Solopos.com, SLEMAN — Pasar Godean yang ada di Kabupaten Sleman bakal dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir dua lantai. Pembangunan gedung parkir ini diperkirakan menghabiskan anggaran senilai Rp15 miliar.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Tina Hastani, mengatakan revitalisasi Pasar Godean hingga saat ini masih berlangsung. Proyek pembangunan ini diserahkan sepenuhnya ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Untuk detail dari perkembangan pasar belum tahu, tapi diperkirakan bisa digunakan di akhir 2024 karena sesuai kontrak pengerjaan sudah selesai di pertengahan tahun,” kata Tina kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Meski masih dalam pengerjaan, namun ia mengakui sudah ada rencana yang disusun oleh pemkab pada 2025. Sesuai dengan detail engineering design (DED) yang sedang disusun, lokasi gedung parkir akan ada di belakang pasar.

Diperkirakan pembangunan gedung ini memakan biaya sekitar Rp15 miliar. Ia menjelaskan, untuk bentuk tempat parkir terdiri dari dua lantai yang nantinya terhubung dengan lokasi foodcourt di pasar.

“Masih dalam rencana karena pembangunan baru dilaksanakan di 2025. Sedangkan saat ini sedang fokus menyelesaikan DED,” katanya.

Tina berharap proses revitalisasi Pasar Godean senilai Rp106 miliar berjalan dengan lancar. Adanya pembangunan ini juga sebagai upaya pengembangan Kawasan di sisi barat Sleman.

“Semoga bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan pembangunan Pasar Godean akan memiliki tiga lantai. Selain itu, juga dilengkapi fasilitas taman terbuka hijau di lantai satu, serta foodcourt dan tempat ibadah di lantai dua.

“Untuk lantai tiga akan digunakan sebagai tempat kantor UPT,” katanya.

Bangunan baru di pasar diperkirakan mampu menampung sekitar 1.837 pedagang. Diharapakan dengan adanya revitalisasi  tidak hanya untuk mendorong pertumbungan ekonomi, tapi juga bisa menjadi ikon baru, khususnya di Kapanewon Godean.

“Tentunya pedagang maupun pembeli bisa semakin nyaman saat beraktivitas di pasar,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pemkab Sleman Bakal Bangun Gedung Parkir Senilai Rp15 Miliar di Pasar Godean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya