SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik)

Solopos.com, BANTUL – Dua orang calon haji dari Kabupaten Bantul meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Kedua jenazah jemaah haji tersebut tidak akan dipulangkan ke Tanah Air, tetapi akan dimakamkan di Tanah Suci.

Plh Kepala Kantor Kemenag Bantul, Aminuddin, mengungkapkan kedua orang haji yang meninggal dunia tersebut adalah Sumartilah Purwo Pardjono, 75, warga Kapanewon Pundong dan Ngatijo Wongso Sentono, 86, warga Kapanewon Kretek, Bantul. Keduanya sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Makkah, namun dalam perkembanganya, keduanya tidak tertolong.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Ia menyebut, keduanya meninggal dunia dalam waktu yang berbeda, Sumartilah meninggal pada Jumat (14/6/2024) dan Ngatijo pada Minggu (16/6/2024).

“Untuk penyebabnya saya belum bisa mengungkapkan. Tapi kemungkinan karena faktor usia,” katanya, Selasa (18/6/2024).

Jenazah kedua jemaah tersebut tidak akan dipulangkan ke Bantul. Melainkan, akan dimakamkan di Makkah. Alasan memakamkan di Makkah karena prosedur dan pembiayaan yang tidak murah.

“Untuk itu akan dimakamkan di Makkah. Tapi, pemakamannya kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Kami sendiri berencana besok akan ke rumah duka,” katanya.

Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bantul, Maskur Ashari, mengungkapkan dari 1.044 orang calon haji asal Bantul yang ada di Tanah Suci, 35% merupakan jemaah lansia.

Pihak Kemenag telah menyiagakan petugas haji khusus untuk melayani jemaah yang berusia lansia. Selain itu, seluruh jemaah haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci juga telah menjalani pengecekan kesehatan dan diberikan vaksin meningitis.

“Jadi sejak awal memang sudah dilakukan antisipasi,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 2 Jemaah Haji asal Bantul Meninggal Dunia di Makkah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya