SOLOPOS.COM - Suasana evakuasi sapi terperosok ke dalam jurang di Padukuhan Nglengkong, Sambirejo, Prambanan pada Senin (17/6/2024). (Istimewa/Damkar Sleman)

Solopos.com, SLEMAN – Seekor sapi yang hendak disembelih untuk kurban di Musala Al-Mubarak, Nglengkong, Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, berontak dan malarikan diri. Bahkan, sapi tersebut sampai loncat ke area jurang di Padukuhan Nglengkong.

Kapolsek Prambanan, Kompol Suranto, mengungkapkan kejadian sapi terperosok ke dalam jurang ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di Musala Al-Mubarok Nglengkong. Kala itu sapi yang hendak dirobohkan untuk disembelih justru memberontak.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Jadi sapi akan dilakukan pemotongan, sudah proses penjatuhan. Sudah dijatuhkan kan kalau mau dipotong dijatuhkan. Namun demikian saat dijatuhkan sapinya berontak kemudian ditariklah talinya sama warga,” terang Suranto , Senin (17/6/2024).

Nahas, upaya untuk menahan amukan sapi dengan cara menarik tali kekang sapi gagal lantaran tali terputus. Sejurus kemudian sapi yang lepas kendali justru meloncat ke arah jurang.

“Talinya putus kemudian sapinya loncat ke depan, tempat pemotongan itu tebing depannya. Loncat ke tebing jatuh sekitar lima meter,” ujarnya.

Dia menjelakan diduga tali yang tidak kuat membuat tali kekang yang dikaitkan terputus. Lantaran tepat di depan musala merupakan jurang, sapi justru lari dan terperosok ke jurang tersebut.

Warga lantas menghubungi kepolisian dan damkar untuk mengevakuasi sapi. Warga dan damkar selanjutnya berhasil mengangkat sapi kembali atas dengan bantuan tali. Proses evakuasi diungkapkan Suranto memakan waktu sekitar 15 menit.

Kondisi sapi saat dinaikkan masih hidup. Sapi yang selamat seusai jatuh dari jurang kemudian melanjutkan proses penyembelihan untuk kurban.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judulBerontak Saat Hendak Disembelih, Sapi di Prambanan Loncat ke Jurang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya