SOLOPOS.COM - Ceceran sampah di Pantai Parangtritis. - (Istimewa/Harian Jogja)

Solopos.com, BANTUL – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul memperkirakan kunjungan wisata Pantai Parangtritis akan meningkat selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Kabupaten Bantul, Markus Purnomo menyampaikan diperkirakan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis saat libur Natal dan Tahun Baru ini akan meningkat hingga sekitar 40% daripada saat akhir pekan. 

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

“Berdasarkan catatan Dispar Kabupaten Bantul ada sekitar 30.000 wisatawan mengunjungi Kabupaten Bantul setiap akhir pekan, 80 persen diantaranya mengunjungi Pantai Parangtritis, sehingga ada sekitar 24.000 orang yang berkunjung ke sana,” katanya, Jumat (8/12/2023), dilansir Harianjogja.com.

Dengan begitu, diperkirakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis selama Natal dan Tahun Baru kali ini akan lebih dari 33.000 orang. 

Jumlah tersebut hampir sama dengan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang mencapai lebih dari 30.000 orang yang berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Menurut Markus peningkatan wisatawan di Pantai Parangtritis selama libur Natal dan Tahun Baru dapat mengakibatkan peningkatan sampah di kawasan tersebut. Diketahui selama libur Natal dan Tahun Baru lalu sampah di kawasan tersebut mencapai sekitar 90 ton. 

Markus mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai antisipasi penumpukan sampah di Pantai Parangtritis. 

Beberapa kelompok pelaku usaha di sana seperti pemilik rumah makan, pedagang, penyewaan tenda, dan jeep agar turut mengolah sampah masing-masing. 

Selain itu, dia pun mengimbau wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi penumpukan sampah setelah libur Natal dan Tahun Baru di Pantai Parangtritis. 

“Ketika bicara tentang alam terkait sampah saling mengelola, jadi pengunjung tidak membuang sampah sembarangan, pengelola atau pelaku mengelola sampah yang ada di tempat secara bijaksana, sama-sama tidak meninggalkan sampah disana,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul “Dispar Bantul Antisipasi Penumpukan Sampah di Parangtritis Selama Libur Nataru”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya