SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

Solopos.com, SLEMAN — Pihak kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) akhirnya angkat suara terkait isu yang menyebutkan ada intervensi dari pihak kampus atas batalnya calon presiden, Anies Baswedan, sebagai narasumber dalam acara Indonesia Future Studium Generale. Acara ilmiah itu diselenggarakan Bersama Indonesia di Auditorium Magister Manajemen FEB UGM.

Sekretaris Universitas UGM, Andi Sandi Antonius, mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan penelusuran terkait agenda tersebut. Apakah digelar oleh UGM atau pihak lain.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Kalau dikatakan itu tidak dapat izin dari rektorat saya sampai sekarang ini masih tracing ya. Ini diselenggarakan oleh UGM atau tidak,” katanya, Jumat (17/11/2023).

Di sisi lain, Andi juga mempertanyakan siapa sosok yang mengirimkan pesan kepada panitia.

“Menjadi aneh saya juga dapat kiriman katanya ada orang namanya Pak Wija pakai akun nama rektorat. Sebenarnya saya mau tanya itu siapa,” lanjutnya.

Andi belum bisa memberikan tanggapan secara spesifik terkait dengan isu ini. Pihaknya tengah mengecek ke koleganya di MM FEB UGM, apakah penyelenggara sifatnya hanya meminjam venue ataukah ini diselenggarakan oleh UGM.

“Kalau dilaksanakan oleh UGM kami kan sudah punya SOP, biar bagaimanapun kita harus memisahkan ini dalam ranah kampanye atau tidak. Kalau ranah kampanye kami sudah punya SOP, jadi kami yang harus mengundang. UGM yang harus mengundang,” tegasnya.

Dari sisi poster yang beredar, disebutkan bila agenda ini diskusi ilmiah. Menurutnya, isu yang beredar saat ini sangat memojokkan UGM. Apalagi dikatakan bahwa pihak rektorat UGM menolak kehadiran Anies Baswedan.

“Tetapi yang kami masih cek dan menurut kami ini sangat memojokkan UGM, itu adalah dikatakan bahwa rektorat itu akan menolak,” ujarnya.

Nah sopo iki wong neng [siapa ini orang di] rektoratnya. Saya sudah tanya ke bu Rektor saya tanya kepada teman-teman Wakil Rektor ini tidak ada yang memberikan statement ini,” imbuhnya.

Andi meminta waktu untuk melakukan pengecekan status penyelenggara acara. Apakah penyelenggaraannya dari UGM atau sifatnya hanya meminjam tempat.

“Kalau meminjam itu pada prinsipnya apalagi ini acara akademik ya boleh saja. Karena kan prinispnya mereka meminjam tempat, tetapi dengan kehadiran Mas Anies di situ kita juga welcome lah, wong itu rumahnya Mas Anies,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Soal Narasi Anies Ditolak Diskusi, UGM Angkat Suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya