SOLOPOS.COM - Pemasangan safetyline di lahan penggarapan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman. (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — PT. Adhi Karya Pembangunan Tol Jogja-Solo, selaku kontraktor proyek tol Jogja-Solo Seksi 2, melakukan skema sewa lahan kosong pada lahan yang belum dibebaskan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat penggarapan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman.

Humas PT. Adhi Karya Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto, mengatakan untuk mempercepat pembangunan proyek tol Jogja-Solo di kawasan Trihanggo-Junction Sleman, pihaknya sampai menyewa lahan yang belum dibebaskan.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sistem sewa dilakukan pada lahan belum bebas yang sifatnya adalah tanah kosong. “Tanah kosong kalau belum bebas kami sewa dulu,” kata Agung, Rabu (3/1/2024).

Uang sewa ini diberikan kepada pemilik lahan sambil menunggu proses pembebasan lahan resmi dilakukan. Angka sewa yang diberikan sifatnya kompensasi.

“Intinya untuk uang kompensasi atau kerohiman. Walaupun nanti sambil menunggu proses uang ganti rugi [pembebasan lahan],” kata dia.

Agung mencatat setidaknya ada tujuh petak lahan terdampak tol yang mulai digarap dengan sistem sewa sementara ini. Jumlah petak tersebut bisa bertambah ke depannya sesuai kebutuhan pengerjaan.

“Ada tujuh petak kemarin, tetapi nanti ada lagi,” lanjut Agung.

Umumnya lokasi tujuh petak lahan sewa tersebut berada di titik strategis yang krusial untuk segera dilakukan penggarapan proyek. Seperti di lokasi sambungan antara lahan satu dengan bidang lainnya.

Hingga saat ini persentase lahan yang sudah dibebaskan di ruas tol Trihanggo-Junction Sleman di kawasan mencapai 69,08% dari total 398.978 meter persegi lahan yang dibutuhkan.

Adapun, luasan lahan yang sudah bebas mencakup 275.622 meter persegi. Sisanya, lahan seluas 123.356 meter persegi masih belum bebas.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sambil Tunggu Pembebasan, Kontraktor Tol Jogja-Solo Sewa Lahan Kosong demi Percepat Konstruksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya