SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KULONPROGO – Sepasang pria dan wanita yang merupakan komplotan maling tega menggondol uang milik seorang nenek-nenek berinisial D, warga Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Nenek berusia 79 tahun itu sedih karena kehilangan uang tunai senilai Rp10 juta yang disimpannya.

Modus pencurian ini, pelaku berpura-pura datang ke rumah korban sebagai ramu dan menawarkan bantuan sosial.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kasi Humas Polres Kulonprogo, AKP Triatmi Noviartuti, mengatakan peristiwa pencurian itu terjadi pada pertengahan Mei 2024 lalu.

Peristiwa itu bermula saat sepasang pria dan wanita mendatangi rumah korban pada Rabu (15/5/2024) pagi. Kedua pelaku lantas menawarkan bantuan sosial kepada nenek D. Pelaku kemudian melihat kondisi rumah korban terlebih dahulu.

“Meski tidak mengenal keduanya, korban sama sekali tak curiga. Saat mengecek kondisi dan seisi rumah korban, para pencuri ini memotret bagian-bagian rumah korban dengan kameranya,” katanya, Senin (27/5/2024).

Setelah selesai memotret kondisi rumah, pelaku wanita mencoba mengelabui korban dengan mengajaknya berbincang. Sedangkan pelaku pria berkeliling rumah untuk mencari harta milik korban.

Setelah berkeliling rumah tersebut, kedua pelaku langsung berpamitan kepada korban D. Sebelum berpamitan, sepasang maling ini mengingatkan korban D agar berhati-hati dengan orang asing yang tak dikenal.

Selanjutnya korban D memeriksa dua tasnya yang berada di sofa tempat biasa ia menaruhnya.

“Saat itu korban langsung sadar tas berisi uang itu sudah tidak ada,” papar Novi.

Di dalam dua tas itu tak hanya berisi uang, lanjut Novi, ada juga kartu identitas lainnya. Menyadari menjadi korban pencurian, nenek D kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Kokap. Petugas kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara.

Polsek Kokap, sambung Novi, masih terus mendalami kejadian pencurian tersebut. Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, terutama kepada orang asing tidak dikenal.

“Selain itu, kami imbau juga untuk menyimpan barang berharga di tempat yang lebih aman,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pura-Pura Tawarkan Bantuan Sosial, 2 Orang Gondol Uang Rp10 Juta Milik Seorang Nenek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya