SOLOPOS.COM - Tugu Jogja menjadi menjadi salah satu ikon Kota Jogja di DIY. (Harianjogja.com)

Solopos.com, JOGJA — Kota Jogja akan menjadi pusat kunjungan wisatawan pada momen malam pergantian tahun 2024. Pada momen malam pergantian tahun, akan diselenggarakan car free night di Tugu hingga Titik Nol Jogja.

Dirlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Kombes Pol Alfian Nurrizal, mengatakan seluruh destinasi wisata di Kota Jogja wajib diantisipasi pada masa libur Nataru. Diprediksi ada sekitar 4,46 juta wisatawan bakal berkunjung ke DIY berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dia menuturkan wisatawan yang mengunjungi berbagai destinasi wisata di DIY biasanya mengakhiri masa liburnya di kawasan Tugu, Malioboro, dan Keraton pada pergantian tahun. Wisatawan akan berpusat di titik tersebut untuk merayakan pergantian tahun.

“Saat ini, kami sudah menggunakan aplikasi smart city untuk melihat di beberapa titik pintu masuk wilayah DIY mulai dari Prambanan, Temon, Tempel, Piyungan maupun Rongkop, bisa melihat jumlah kendaraan yang masuk,” katanya, Kamis (21/12/2023).

Menurutnya, kepolisian sudah menyiapkan 18 pospam, 20 pos terpadu dan 1 pos pelayanan di YIA. Untuk pengamanan di Tugu, Malioboro, dan Keraton pihaknya menyiapkan beberapa skema. Di Tugu disiapkan dua zona untuk memudahkan pengamanan. Berkaca pada tahun lalu di mana kendaraan dan masyarakat bercampur sehingga membuat kondisi lalu lintas semakin semrawut.

“Maka dari itu kita akan buat car free night baik di Tugu maupun Titik Nol pada 31 Desember nanti ada pengalihan arus dari pukul 18.00 WIB-01.00 WIB. Ada skema di mana untuk pengamanan di Tugu sebanyak 62 personil dengan 1 tim urai,” jelasnya.

Sementara untuk kantong parkir di seputaran Tugu pun juga sudah disiapkan. Pihaknya bekerja sama dengan Pemda DIY dan Pemkot Jogja sudah mengkondisikan kantong parkir bagi wisatawan yang nantinya berkunjung ke tempat itu.

“Kita sediakan di McD Jalan Sudirman, PLN, Klenteng, PDAM Jetis, SMP dan SMK Jetis. Kebetulan yang SMP dan SMK sudah berkoordinasi dengan Disdikpora dan diberikan izin,” katanya.

Alfian menambahkan, selain pengamanan lalu lintas pospam yang tersedia di sejumlah titik juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pengunjung.

“Apabila ada emergency seperti pengunjung hamil dan akan melahirkan sudah siap berkoordinasi dengan RS terdekat ke RS PKU Muhammadiyah,” pungkasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Malam Tahun Baru, Polisi Akan Terapkan Car Free Night di Tugu dan Titik Nol Kilometer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya