SOLOPOS.COM - Sutilah, petani asal Kalurahan Bendung saat menunjukan sumur bor miliknya yang terus mengeluarkan air dengan sendirinya sejak dibuat di 2019 lalu. Jumat (22/9/2023). (Harian Jogja/David Kurniawan)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Di musim kemarau panjang seperti yang terjadi tahun ini, banyak warga di berbagai daerah yang mengalami kekurangan air bersih. Termasuk warga di sejumlah desa di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun, kondisi itu tidak berlaku bagi warga di Dusun Widoro Lor, Bendung, Semin, Gunungkidul. Di dusun itu, ada sumur milik warga yang mengalirkan air secara terus menerus tanpa henti.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Sumur bor yang airnya mengalur tersebut baru dibangun pada 2019 lalu. Fenomena unik itu pun sempat menggegerkan warga setempat. Pasalnya, sumur tersebut mengeluarkan air dengan debit cukup deras tanpa bantuan mesin pompa.

Sumur bor yang berlokasi di tengah area pertanian itu dimiliki oleh Sutilah. Sumur tersebut memiliki kedalaman mencapai 60 meter. Sebenarnya, kedalaman sumur itu tidak terlalu dalam. Tetapi uniknya air bisa keluar dengan sendirinya.

Warga kemudian mengalirkan airnya untuk ditampung ke dua buah kolam yang lokasinya tidak jauh dari sumur.

Kolam penampungan air ini dimanfaatkan untuk membudidaya ikan dan untuk kebutuhan pengairan ladang yang ditanami kangkung, cabai, hingga bawang merah.

Pemilik sumur bor itu, Sutilah, mengatakan sejak dibangun empat tahun lalu hingga sekarang, air di sumur tersebut tidak pernah berhenti mengalir.

“Dari pertama keluar hingga empat tahun berselang air terus mengalir tanpa bantuan mesin pompa. Kalau musim hujan, aliran bisa lebih besar lagi,” kata Sutilah saat ditemui di lokasi sumur di lahan pertanian di Padukuhan Widoro Lor, Bendung, Jumat (22/9/2023).

Dia sempat membuka instalasi pipa untuk menyalurkan air ke bak kolam penampungan. Air terus mengalir dengan sendirinya memenuhi bak yang dibuat menggunakan buis beton.

“Makanya ditutup dan disalurkan ke kolam. Kalau tidak airnya malah kemana-mana,” katanya.

Sutilah tidak menampik keberadaan sumur sangat membantu dalam urusan pertanian. Sebagai contoh, meski masuk musim kemarau, dirinya tidak kesulitan air.

Di sisi lain juga dimanfaatkan untuk pertanian seperti menanam kangkung, cabai dan bawang merah. “Ini baru memetik kangkung. Tapi, istirahat dulu karena panas. Ada juga kolam ikan yang hasilnya bisa menambah pendapatan,” katanya.

Lurah Bendung, Didik Rubiyanto, mengatakan sumur bor di Padukuhan Widoro Lor merupakan fenomena yang unik. Pasalnya, berbeda dengan sumur bor lainnya karena dapat mengeluarkan air dengan sendirinya.

“Umumnya sumur bor bisa keluar air dengan bantuan mesin pompa, tapi ini tidak. Air bisa keluar sendiri sejak dibangun di 2019 lalu,” katanya.

Menurut dia, aliran dari sumur dimanfaatkan petani sekitar untuk bertani. “Jadi ada manfaatnya karena dapat membantu warga,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Unik! Sumur Bor di Semin Gunungkidul Mengalirkan Air 4 Tahun Tanpa Henti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya