SOLOPOS.COM - Kawasan Tugu Pal Putih, dengan penataan kabel sistem tanam atau ducting. - ist - Antara

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja terus melakukaan penataan jaringan listrik yang mengganggu pandangan dan mengurangi keindahan kota. Penataan dilakukan dengan cara kabel fiber optik ditanam dengan sistem ducting.

Beberapa kawasan di Kota Jogja yang telah ditata kabelnya, yakni kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jl. KH. A. Dahlan, kawasan Malioboro, Jl. Suroto, kawasan Tugu Pal Putih, dan perempatan Gondomanan. Sedangkan di sejumlah titik lain dilakukan penyederhanaan kabel seperti di kawasan Malioboro, Jalan Magelang, Jalan Sidobali, dan Jalan Bener.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Kepala Diskominfosan Kota Jogja Ignatius Trihastono mengatakan penataan infrastruktur Kota Jogja akan disatukan pula dengan upaya mempercantik visual udara terutama di beberapa titik yang menjadi andalan bagi sektor pariwisata. Beberapa waktu lalu kawasan Tugu, Kotabaru dan Malioboro sudah dilakukan penataan kabel fiber optik.

“Di beberapa penggal jalan sudah kami tata ya kabel FO dengan sistem ducting atau kabel bawah tanah. Beberapa yang belum memungkinkan kami sederhanakan sehingga tiang dan kabel jadi lebih sedikit,” kata Trihastono dalam acara FGD Untuk Telekomunikasi Nyaman, Gunakan Frekuensi Aman, Rabu (23/8/2023).

Untuk kawasan Malioboro, kata dia, belum memungkinkan untuk menggunakan kabel bawah tanah sehingga kabel-kabel yang ada di situ akan dirapikan.

Sedangkan tahun ini penataan akan menyasar di Jalan Pasar Kembang atau Sarkem Jogja dari area Stasiun Tugu Jogja dan masuk kawasan Malioboro.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kabel Jalan Sarkem Jogja Bakal Ditanam seperti di Tugu Pal Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya