SOLOPOS.COM - Stadion Mandala Krida Jogja. (bpo-diy.or.id)

Solopos.com, JOGJA — Rencana renovasi Stadion Mandala Krida, Kota Jogja, hingga saat ini belum direalisasikan. Diduga kuat, perbaikan belum dilakukan karena Stadion Mandala Krida masih menjadi objek dalam penanganan kasus korupsi.

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) sebelumnya menyatakan akan merenovasi dua stadion di Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Mandala Krida Jogja.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kepala BPO DIY, Priya Santosa, menyatakan sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut soal kelanjutan renovasi dan pembangunan Stadion Mandala Krida.

Padahal, stadion tersebut sejatinya belum rampung dibangun. Beberapa ruangan di dalamnya masih belum representatif untuk dipakai. Sementara penerangan stadion pun belum dipasang.

“Sampai sekarang belum ada progres informasi mas,” kata Priya, Selasa (12/12/2023).

Priya menyatakan salah satu kendalanya yakni stadion itu masih menjadi objek kasus korupsi yang menjerat beberapa pejabat.

Disinyalir Stadion Mandala Krida menjadi satu di antara sejumlah stadion yang akan direnovasi pemerintah buntut insiden tragedi Kanjuruhan, Malang. Akan tetapi hal itu urung terlaksana lantaran masih terganjal kasus tersebut.

“Mungkin iya karena kasus korupsi itu. Kementerian PUPR pernah tanya status hukum Mandala Krida bagaimana ke Pemda DIY dan pak Sekda sudah bersurat ke KPK tapi sampai sekarang belum ada jawaban,” katanya.

Di sisi lain kemampuan keuangan daerah belum sanggup untuk memperbaiki stadion yang dipakai sebagai home base PSIM Jogja itu. Diperkirakan butuh dana cukup besar untuk merampungkan sejumlah pekerjaan yang belum selesai di stadion tersebut.

“Anggarannya yang pasti besar, tidak mungkin Pemda DIY mendanainya. Pada 2019 sempat dianggarkan untuk lampu dengan standar internasional tapi dialihkan karena pandemi,” jelasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Rencana Renovasi Stadion Mandala Krida Terganjal Kasus Korupsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya