SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, SLEMAN — Gunung Merapi kembali terpantau mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Senin (4/12/2023). Total awan panas guguran yang dikeluarkan Gunung Merapi pada senin ini mencapai empat kali. Sedangkan jarak luncurnya mencapai tiga kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso menerangkan ada empat APG yang terjadi pada Senin (4/12/2023). Merujuk catatan yang ada, empat awan panas guguran tersebut terjadi hanya dalam kurun waktu 24 menit. Jarak antar APG paling dekat terjadi hanya empat menit yakni pada APG pertama dan APG kedua.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Pukul 17.12 WIB [APG] dengan amplitudo maksimal 30 milimeter, durasi 244 detik, jarak luncur 2.400 meter arah hulu Kali Boyong,” kata Agus.

APG berikutnya terjadi empat menit berselang dari awan panas guguran pertama, tepatnya pada pukul 17.16 WIB dengan amplitudo maksimal 53 mm. Durasi APG kedua ini juga jauh lebih panjang yakni 300 detik.

Selain itu, APG kedua memiliki jarak luncur paling jauh dibanding dengan tiga APG lainnya yakni menjadi tiga kilometer.

“Jarak luncur 3.000 meter arah hulu Kali Boyong,” tegasnya.

Selanjutnya, kejadian APG berikutnya terjadi pada pukul 17.23 WIB dengan Amplitudo maksimal 53 milimeter dan durasi 210 detik. Jarak luncur APG ketiga ini mencapai 2.000 meter arah hulu Kali Boyong.

Kejadian APG keempat terjadi pada Pukul 17.36 WIB. APG ini beramplitudo maksimal 50 milimeter dan berdurasi 124 detik. Jarak luncur APG keempat ini mencapai 1.200 meter arah hulu Kali Krasak.

“Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan,” tandasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul UPDATE BREAKING NEWS: Empat Awan Panas Guguran Terjadi di Merapi, Terjauh Jarak Luncurnya Mencapai Tiga Kilometer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya