SOLOPOS.COM - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengguyur armada pembawa logistik pemilu dengan air kendi sebagai pelepasan simbolis di Kantor KPU Gunungkidul pada Sabtu (10/2/2024). Pendistribusian tersebut dilakukan dari tiga gudang logistik dengan dikawal kepolisian. Jadwal distribusi ditarget selesai dalam tiga hari ke depan sejak hari ini. (Istimewa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul mulai mendistribusikan logistik pemilu pada Sabtu (10/2/2024). Pendistribusian tersebut akan dilakukan dalam waktu tiga hari ke depan.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan per tempat pemungutan suara (TPS) akan mendapat lima kotak suara yang memuat surat suara dan kebutuhan lain.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Kalau se-Gunungkidul berarti lima kotak suara dikali 2.709 jumlah TPS. Jadwal distribusi mulai tanggal 10, 11, 12. Pemberangkatan menuju desa dikawal kepolisian,” kata Asih dihubungi, Sabtu (10/2/2024), dilansir Harianjogja.com.

Dia menjelaskan distribusi dilakukan dari tiga gudang logistik menggunakan 23 armada. Rinciannya dari gudang KPU ada empat armada, gudang di Playen ada sembilan, dan gudang di Semanu ada sepuluh.

Kalurahan yang menjadi sasaran hari pertama antara lain Getas I, II, dan III, Plembutan, Bleberan, Banyusoco, Ngawu, Ngunut, Playen, Dengok, Gading, Ngleri, Banaran; sebanyak tiga belas kalurahan tersebut berada di Kapanewon Playen.

Kemudian di Kapanewon Ngawen, armada menyasar Kalurahan Jurangjero, Tancep, Sambirejo I dan II, Beji, Watusigar, dan Kampung. Kemudian di Kapanewon Saptosari ada Kalurahan Planjan I dan II, Kanigoro I dan II, Krambilsawit I dan II, Jetis, Monggol, Kepek, dan Ngloro.

Di Kapanewon Paliyan ada Kalurahan Karangasem I dan II, Mulusan, Giring I dan II, Sodo, Karangduwet I dan II, Pampang dan Grogol. Tidak hanya itu, di Kapanewon Girisubo ada Kalurahan Karangawen, Jepitu I dan II, Balong I dan II, Songbanyu, Pucung I dan II, Tileng, Nglindur, dan Jerukwudel.

Di Kapanewon Tepus ada Kalurahan Purwodadi I dan II, Giripanggang I dan II, Sumberwungu I dan II, Sidoharjo I dan II, Tepus I dan II. Terakhir Kapanewon Rongkop ada Kalurahan Botodayaan, Pringombo, Bohol, Semugih I, II, dan II, Petir, Melikan, Karangwuni, dan Pucanganom.

Asih menegaskan distribusi dilakukan mengacu pada perhitungan kapasitas dan efektivitas jarak tempuh antardesa.

Dia berharap proses distribusi logistik berjalan lancar sampai penarikan kembali paska pemungutan suara.

Ia menambahkan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga mulai mendistribusikan C-Pemberitahuan sampai tanggal (11/2/2024). Selain itu, KPPS juga sudah boleh menyiapkan TPS.

Terkait dengan kesehatan KPPS, KPU Gunungkidul telah mendata kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) KPPS.

Apabila masih ada anggota yang belum menjadi peserta JKN maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memfasilitasinya.

“Hari H besok, Pemkab melalui Dinas Kesehatan juga memfasilitasi puskesmas. Jadi fasilitas kesehatan buka di hari tersebut. Dinkes juga ada kunjungan di TPS-TPS,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan pengawalan distribusi logistik harus dikawal ketat agar tidak terjadi kecurangan. Sebab itu, dia menegaskan perlu adanya keterlibatan TNI Polri dan Satpol PP dalam pengamanan.

Sebelumnya, Kasatpol PP Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan pihaknya akan menurunkan 50 personel dalam pengamanan TPS. Tidak hanya itu, Satpol PP juga akan menggandeng linmas.

Sampai saat ini, pendataan awal jumlah linmas di Gunungkidul mencapai 5.998. Jumlah itu akan ditambah menyesuaikan kebutuhan. Linmas tersebut juga telah mendapat fasilitas seragam tahun 2023.

 

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul “Logistik Pemilu di Gunungkidul Mulai Didistribusikan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya