SOLOPOS.COM - Petugas gabungan tengah mengubur bangkai hiu paus yang mati terdampar di Pantai Garongan Kulonprogo, Kamis (9/11/2023). (Istimewa / dok.SAR)

Solopos.com, KULONPROGO — Seekor hiu paus terdampar di Pantai Selatan Garongan III, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Ikan berukuran jumbo itu ditemukan terombang-ambing oleh ombak dalam keadaan mati.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan ikan hiu tersebut terdampar sejak Rabu (7/11/2023) sekitar pukul 19.30 WIB.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Informasi awal itu anggota Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V mendapat informasi bahwa ada hiu terdampar,” kata Aris dihubungi, Kamis (8/11/2023).

Anggota SAR lantas mencari ikan tersebut dan ditemukan di Pantai Selatan Garongan III atau sebelah barat leter S Cangkring.

Menurut Aris, ikan tersebut memiliki panjang sekitar 10 meter, panjang sirip samping 120 sentimeter, panjang sirip atas 50 sentimeter, dan berat sekitar 1,5 ton.

Dia menyampaikan ikan hiu paus tersebut lebih besar daripada ikan hiu yang sebelumnya terdampar. Ikan tersebut sempat terbawa sampai ke tengah laut, namun kembali lagi ke tepi pada pagi harinya.

Agar ikan tersebut tidak terbawa arus, hiu paus tersebut sempat diikat dengan tali oleh beberapa relawan. Ikan itu akhirnya dikubur di area pantai.

“Sebelumnya yang hari Jumat [27/10/2023] ada ikan hiu tutul terdampar di Pantai Trisik,” katanya.

Hiu tutul tersebut memiliki panjang 5 meter, panjang sirip samping 80 cm, sirip atas 30 cm, dan berat sekitar 5 kwintal.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hiu Paus Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Pantai Garongan Kulonprogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya