SOLOPOS.COM - Ilustrasi Keraton Jogja. (Kratonjogja.id)

Solopos.com, JOGJA – Sebanyak 11,7 juta pemudik diprediksi akan masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada momen Lebaran 2024. Bagi Anda yang berada di DIY pada saat momen Lebaran, ini beberapa agenda wisata yang akan diselenggarakan pada April 2024.

  1. Numplak Wajik

Numplak Wajik merupakan upacara yang menandai dimulainya proses merangkai gunungan, simbol sedekah raja kepada rakyat. Nantinya, gunungan tersebut akan diarak dan dibagikan kepada warga pada upacara Garebek Syawal.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dalam setahun Keraton Yogyakarta menggelar tiga kali upacara GarebegGarebeg Mulud untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad, Garebeg Sawal menandai akhir bulan puasa, dan Garebeg Besar untuk memperingati hari raya Idul Adha.

Karena dalam setiap Garebeg tersebut keraton selalu mengeluarkan gunungan untuk dibagikan, maka dalam setahun tiga kali pula Keraton Jogja menggelar upacara Numplak Wajik.

Upacara Numplak Wajik diselenggarakan pada 8 April 2024 di Bangsal Paredenen Kraton

  1. Garebek Syawal

Garebek Syawal merupakan tradisi tahunan yang dilakukan pihak Keraton Jogja setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh. Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur yang ditandai dengan tujuh gunungan hasil bumi.

Gunungan akan diarak dari Alun-alun Utara menuju ke Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan Kantor Kepatihan. Gunungan yang telah diserahterimakan dan didoakan kemudian akan diperebutkan oleh masyarakat. Garebek Syawal dilaksanakan pada 11 April 2024.

  1. Jogja Trade Market

Jogja Trade Market (JTM Fest) adalah salah satu event thrift terbesar di Indonesia yang dilaksanakan di Yogyakarta dengan berbagai rangkaian acara yang terdiri dari garage sale atau bazaar dan Jogja Jamming. Acara ini diselenggarakan di JEC pada 3-7 April 2024

  1. Festival Kuliner Lembah Code Prawirotaman

Festival Kuliner Lembah Code Prawirotaman akan diselenggarakan pada 5 April 2024.

  1. Bakda Mangiran

Bakda Mangiran merupakan upacara adat tradisi yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Raya Idulfitr. Puncak acara adat tradisi Bakda Mangiran rencananya akan mengambil tempat di Pendapa Atmorejo, Mangiran, Trimurti, Srandakan pada 12 April 2024.

  1. Lomba Lari Mbok Mlayu

Mbok Mlayu adalah sebuah event lari, terkhusus untuk perempuan dari berbagai kalangan dan usia. Karena, semua perempuan berhak sehat dan bahagia.

Lomba lari ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kartini 21 April 2024 dengan start-finish Alun-alun Sewandanan-Pura Pakualaman pada pukul 05.30-10.00 WIB.

  1. Ramadan Delight

Acara Ramadan Delight akan diselenggarakan di Pakuwon Mall pada 2-14 April 2024.

  1. Pekan Ramadan Expo

Acara Pekan Ramadan Expo akan diselenggarakan di Plaza Ambarukmo pada 2-14 April 2024.

  1. Pekan Hobi Malioboro

Acara Pekan Hobi Malioboro akan diselenggarakan di Plaza Malioboro pada 17-21 April 2024.

Itu deretan agenda wisata di Yogyakarta selama bulan April 2024 yang bisa dikunjungi wisatawan maupun para pemudik.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Berikut Agenda Wisata Jogja Selama April 2024, Bisa Jadi Alternatif Liburan Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya