SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)-03

Solopos.com, JOGJA — Seluruh destinasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta tetap beroperasi seperti biasa saat memasuki masa kampanye Pemilu 2024 yang dimulai pada 28 November 2023. Hal itu karena sektor pariwisata merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di DIY.

Demikian disampaikan Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardiyanto, seperti dikutip dari Antara, Senin (20/11/2023). Kendati banyak event wisata yang bergeser dari Desember 2023 menjadi November 2023 (dampak kampanye rapat umum), Bobby berharap pengelola destinasi wisata di DIY tetap beroperasi seperti biasa.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Apakah di masa kampanye kita harus benar-benar vakum? Ekonomi kita harus benar-benar tetap berjalan. Bukan kita menghindari tapi kita harus menghadapi,” kata dia.

Dia mengimbau para pelaku wisata maupun pengelola perhotelan mampu memastikan keamanan wisatawan dengan memberikan informasi jadwal kampanye yang akan berlangsung di DIY.

“Institusi pariwisata untuk selalu update informasi yang berkaitan jadwal kampanye dari KPU. Cara ini akan menjadi strategi kami untuk mengatur karena jangan sampai perjalanan tamu terganggu oleh hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata dia.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, mengatakan jadwal kampanye dari KPU diperlukan pengelola perhotelan untuk diinformasikan kepada tamu hotel.

“Saya kira itu kita perlukan,” ujar Deddy.

Meski demikian, lanjut dia, menjelang Pemilu 2024 sektor perhotelan justru mengalami peningkatan tingkat hunian mencapai 5-10% sehingga okupansi rata-rata hotel di DIY menyentuh 50-60%.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Kurniawan, mencatat lebih dari 10 event wisata yang dimajukan dari Desember 2023 menjadi November 2023, di antaranya sport tourism atau olahraga sambil berwisata dan sejumlah pertunjukan musik.

Dispar DIY akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk memastikan aktivitas pariwisata di DIY tetap aman dan menarik dikunjungi memasuki tahapan Pemilu 2024.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya