SOLOPOS.COM - Ilustrasi menderita batuk. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL — Kasus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Kabupaten Bantul meningkat pada Juni-September 2023. Selain karena maraknya kebakaran lahan, debu menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus ISPA di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“[Penyebab ISPA] Yang banyak dari debu. Kalau di Kabupaten Bantul asap tidak berpengaruh signifikan terhadap timbulnya ISPA,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bantul, Agus Tri Widyantara, Jumat (27/10/2023).

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dia menilai peningkatan kasus ISPA dipicu adanya debu yang meningkat pada musim kemarau. Sementara beberapa kejadiaan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bantul dinilai tidak berdampak signifikan pada peningkatan kasus ISPA.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul terjadi peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sejak Juni-September 2023. Tercatat jumlah kasus baru ISPA pada Juni 2023 ada 1.146 orang.

Sementara ada 1.385 orang yang mengalami ISPA pada Juli 2023, ada 2.416 orang pada Agustus 2023, dan 2.928 orang yang mengalami ISPA pada September 2023.

Sementara berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul ada 56 kejadian kebakaran yang ditangani Damkarmat BPBD Kabupaten Bantul pada Agustus 2023. Kemudian, pada September 2023 kejadian kebakaran mengalami peningkatan mencapai 57 kasus.

Dia pun meminta masyarakat memperhatikan beberapa gejala ISPA yang mungkin dialami masyarakat. Beberapa gejala yang dialami penderita ISPA antara lain batuk kering atau berdahak, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, demam, sesak nafas atau sulit bernafas, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, lemas, suara serak, pilek, mual, muntah diare, dan turunnya nafsu makan.

Dia mengimbau agar masyarakat terus menjaga kesehatan untuk mengurangi resiko penularan penyakit tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan, terkait gerakan masyarakat hidup sehat [germas] tetap dilakukan, makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, banyak melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh. Itu tetap perlu dilakukan,” katanya.

Dia juga meminta masyarakat menggunakan masker saat berada pada tempat yang banyak ditemukan penderita ISPA.

“Kalau berada di tempat yang berpotensi ada banyak penderita ISPA tetap memakai masker. Himbauan kami masyarakat yang sedang menderita ISPA tetap memakai masker agar tidak menularkan ke orang yang lain,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kasus ISPA di Bantul Naik 3 Bulan Terakhir, Penyebabnya Ternyata Bukan Asap Pembakaran Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya