SOLOPOS.COM - Kebun bunga amarilis milik Sukadi di Kalurahan Salam, Patuk mulai bermekaran. Jumat (24/11/2023). (Istimewa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Tempat wisata yang hanya ada pada waktu tertentu di Kabupaten Gunungkidul ini harus masuk jadi destinasi kunjungan. Tempat wisata itu adalah Kebun Bunga Amarilis yang berlokasi di jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di Kalurahan Salam, Patuk, Gunungkidul.

Bunga Amarilis yang ada di kebun itu sudah mulai bermekaran dan diperkirakan mekar hanya berlangsung hingga pertengahan Desember 2023.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Pemilik Kebun Bunga Amarilis, Sukadi, mengatakan bunga yang dipeliharanya hampir terus bermekaran di setiap tahunnya. Momen Amarilis tumbuh dan mekar terjadi saat awal musim hujan.

“Sudah mulai mekar sejak tiga hari lalu. Total ada sekitar 500.000 batang Amarilis yang tertanam di kebun,” kata Sukadi saat dihubungi wartawan, Jumat (24/11/2023).

Dia menjelaskan di kebunnya sudah tumbuh ribuan batang Amarilis atau warga lokal menyebutnya Puspa Patuk. Diperkirakan dari proses berkembang hingga layu membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Proses mekar kuncup membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Saat bunga sudah mekar total akan bertahan kurang lebih 14 hari hingga akhirnya layu.

Ia tidak menampik saat bunga bermekaran menjadi daya tarik tersendiri karena kebun menjadi sangat indah. Momen kebun Amarilis menjadi indah ini membuat banyak wisatawan yang datang.

“Seperti pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, pengunjung datang untuk berfoto-foto. Namun momen ini diperkirakan hanya terlihat sampai pertengahan Desember mendatang,” katanya.

Ia memperkirakan puncak Amarilis mekar terlihat mulai pekan depan. Oleh karena itu, untuk saat ini pihaknya belum menarik iuran masuk.

“Iuran masuk untuk perawatan dan kebersihan. Saat ini sudah ada yang datang, tapi hanya satu atau dua orang saja. Tapi, saat bermekaran semua, saya yakin akan banyak yang berkunjung,” katanya.

Dia pun memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung karena di area kebun sudah dibuat jalan sehingga tidak ada kekhawatiran merusak tanaman.

“Ada juga titik-titik untuk berfoto-foto,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kebun Bunga Amarilis di Gunungkidul Bermekaran, Siap Sambut Wisatawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya