SOLOPOS.COM - Veda Ega Pratama (kanan) usai balapan. (Istimewa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pembalap muda asal Kalurahan Wareng, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bernama Veda Ega Pratama, tampil memukau dalam dua seri awal Asian Talent Cup (ATC) 2023. Dalam penampilannya itu, remaja berusia 14 tahun itu sukses finis di urutan pertama pada race pertama yang berlangsung di Jepang, Sabtu (30/9/2023).

Atas keberhasilannya meraih 25 poin tersebut, Veda untuk sementara berada di puncak klasemen dengan total 70 poin. Perjalanan untuk meraih juara umum di ajang ATV 2023 masih panjang karena ada sembilan laga balapan yang harus dilalui dari enam seri ATC 2023.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Ayah Veda, Darmono, mengaku senang dengan hasil yang diraih anaknya tersebut. Di tiga balapan yang telah dilalui dapat tampil maksimal sehingga bisa terus tampil di podium.

“Dua kali juara dan sekali runner up,” kata Darmono kepada wartawan, Minggu (1/10/2023).

Menurut dia, Veda semakin matang dan bisa bermain strategi saat balapan. Hal ini terlihat dari peyelenggaraan race pertama di Jepang.

Tampil start di posisi keenam tak membuat Veda panik. Saat balapan dimulai bisa langsung tancap gas hingga akhirnya bisa berada di posisi terdepan hingga menyentuh garis finis.

“Veda bisa tampil lebih tenang. Kemenangan di Jepang merupakan kebanggaan tersendiri karena disana banyak local hero yang kalau bermain di hadapan publiknya akan tampil habis-habisan. Saya bersyukur Veda bisa melaluinya dengan baik,” katanya.

Meski tampil apik dua seri awal, Darmono tidak ingin membebani target yang tinggi. Ia hanya ingin anaknya bisa tampil baik dan menambah pengalaman di kancah internasional.

“Tidak ada target karena masih banyak yang harus dipelajari. Terpenting bisa tampil baik dan urusan juara adalah bonus dalam membalap,” katanya.

Kepala SMP Negeri 2 Wonosari, Suhartati mengatakan, Veda merupakan salah satu anak didik di sekolahnya. Ia pun mengucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya dalam kejuaraan balap motor ATC 2023.

“Tentunya kami ikut bangga terhadap prestasi yang diraih anak didik di sekolah kami,” katanya.

Meski berhasil meraih prestasi lewat jalur olahraga, Suhartati berharap kepada Veda untuk tetap terus belajar sehingga kemampuan yang dimiliki bisa seimbang. “Mmeang telah mmeiliki prestasi sampai kancah internasional, tapi tidak boleh melupakan belajar,” katanya.

Untuk diketahui Veda tampil pertama kali di ATC di 2022. Meski berstatus rookie di ajang ini, namun ia bisa tampil apik. Pasalnya, dari enam seri dengan 12 kali balapan, ia berhasil meraih 141 poin dan berada di urutan ketiga di klasemen akhir balapan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tampil Apik di ATC 2023, Begini Harapan Orang Tua Veda, Pembalap Muda Asal Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya