SOLOPOS.COM - ilustrasi gamelan. (javacreativity.com)

Solopos.com, JOGJAMitos tentang suara gamelan tengah malam di Jogja masih terdengar hingga sekarang. Meski seperti itu, tak setiap orang di Jogja bisa mendengar suara gamelan tengah malah tersebut secara gamblang.

Dikutip dari id.wikipedia.org, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 kilometer persegi ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Masing-masing kabupaten di DIY, yakni Sleman, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul. Sedangkan satu kota, yakni Kota Jogja.

Kisah suara gamelan di Jogja banyak dikupas di media sosial (medsos). Salah satunya di Youtube.

Youtube channel Orami Entertainment pernah mengulas tentang suara gamelan tengah malam di Jogja. Video berjudul Mitos Mendengar Suara Gamelan Tengah Malam itu diunggah 17 Maret 2023.

Dalam video berdurasi satu menit itu dijelaskan mitosnya kalau sebagai pendatang ketika mendengar suara misterius itu, katanya pendatang itu akan betah lalu menetap dan tinggal di Jogja.

Suara misterius itu juga sebagai ucapan selamat datang bagi para pendatang. Ada juga yang mengatakan orang yang mendengar suara misterius itu akan mendapatkan jodoh orang Jogja.

Sejumlah teori bermunculan, mulai dari suara latihan taruna Angkatan Udara (AU), suara yang berasal dari aktivitas dunia lain (gaib), hingga dari udara yang bisa menyimpan suara seperti kaset dan suara itu akan terekam dan terputar di waktu-waktu tertentu.

Di akhir penjelasan dalam video disebutkan bahwa terkait dengan suara gamelan tengah malam di Jogja tak pernah tahu benar atau tidaknya cerita dari urband legend di Jogja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya