SOLOPOS.COM - Tim Jihandak Gegana Polda DIY saat melakukan benda mencurigakan yang diduga bom di Jalan Patangpuluhan, pada Rabu (18/10/2023). (Harian Jogja - Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — Warga di Jalan Patangpuluhan, Kota Jogja, digegerkan dengan penemuan koper misterus yang diduga berisi bom, Rabu (18/10/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. Lantaran takut, warga pun melaporkan penemuan koper itu ke aparat kepolisian.

Menurut keterangan warga, koper misterius itu sudah berada di lokasi pekarangan rumah warga sejak pagi hari tanpa diketahui siapa pemiliknya. Lantaran curiga mereka langsung melaporkan insiden itu ke aparat kepolisian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Setelah mendapat laporan itu, jajaran kepolisian menerjunkan tim Jihandak Gegana Polda Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengecek langsung tas koper yang membuat gempar warga itu. Polisi juga memasang garis pengaman di sekitar lokasi kejadian agar steril dari aktivitas warga.

Kapolresta Jogja, Kombes Pol Saiful Anwar, menjelaskan pertama kali koper yang mencurigakan itu diketahui oleh warga setempat yang langsung melaporkannya ke Polsek terkait. Polsek selanjutnya meneruskan laporan itu ke Polresta Jogja.

“Tadi kami sudah periksa dengan anggota ke TKP di Patangpuluhan, setelah diperiksa dan memasangi garis polisi kita hubungi tim Jilandak Gegana Polda DIY untuk melakukan pemeriksaan,” katanya.

Kombes Pol Saiful menyebut setelah tim datang dengan atribut pelengkap, lokasi TKP itu dipasangi garis polisi agar steril. Petugas melakukan pemeriksaan dengan melihat isi di dalam tas koper dan dipastikan tidak ada unsur bom dalam benda mencurigakan tersebut.

“Setelah melakukan olah TKP dan cek tas, ternyata tidak ditemukan rangkaian bom yang diperkirakan masyarakat. Saya tegaskan sama sekali tidak terkait dengan unsur bom,” katanya.

Setelah diperiksa oleh petugas, ternyata koper tersebut berisi pipa paralon yang dililit dengan kabel.

“Memang tasnya berisi paralon yang dililit dengan kabel tapi tidak ada unsur bom dan sudah diamankan oleh petugas,” ungkapnya.

Kapolresta memastikan pihaknya masih akan melakukan serangkaian penyelidikan atas kejadian itu untuk mengungkap siapa pelaku di balik insiden itu serta motifnya. Pihaknya juga belum bisa memastikan apakah kejadian itu termasuk teror atau tidak.

“Yang meletakkan [tas diduga berisi bom] masih kami dalami dan selidiki dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita ketahui pelakunya dan motifnya apa. Belum bisa dipastikan karena kita belum tahu motifnya ya dan akan diperiksa lebih lanjut,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Dugaan Bom di Patangpuluhan Jogja, Polisi Terjunkan Tim Jihandak Gegana Polda DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya