SOLOPOS.COM - Pemulung masih tetap bertahan di TPA Piyungan meski tidak ada lagi kiriman sampah, Senin (24/7/2023). Mereka memanfaatkan sisa-sisa sampah sebelumnya. - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja akan menggunakan teknologi Refuse Derive Fuel (RDF) untuk pengolahan sampah di TPA Piyungan.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja, Ahmad Haryoko, mengatakan pihaknya telah meninjau TPA Piyungan untuk melihat potensi pengelolaan sampah di lokasi tersebut pada Minggu (15/10/2023). Dalam peninjauan itu, pihaknya mengitari kawasan pengelolaan sampah terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Dari Zona A, Zona B, dan Zona Transisi yang masih dibangun, kami muter-muter untuk melihat lokasinya, untuk mencari kemungkinan melakukan pengelolaan sampah di TPA Piyungan,” kata dia, Senin (16/10/2023).

Haryoko menjelaskan pihaknya tengah melakukan kajian penggunaan teknologi baru pengelolaan sampah dengan Refuse Derived Fuel (RDF). Teknologi RDF ini hasilnya berupa briket yang dapat digunakan industri sebagai bahan bakar alternatif.

“Perencanaan penggunaan teknologi ini perlu meninjau lokasi yang tepat untuk mengimplementasikannya,” kata dia.

Tinjauan lapangan itu, jelas Haryoko, baru pertama kali dilakukan. “Soal apakah nanti jadi atau tidak tentu tergantung banyak hal, terutama izin dari Pemda DIY sebagai pengelola TPA Piyungan. Kami mengikuti Pemda DIY saja,” ungkapnya.

Keuntungan RDF, lanjut Haryoko, adalah meningkatkan pemanfaatan dan penggunaan energi terbarukan di DIY. Dia menjelaskan briket yang dihasilkan dari teknologi RDF ini dapat mengubah limbah dan sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi menjadi bahan bakar.

“Tentu ini hal yang baik karena memanfaatkan sesuatu yang tak punya nilai tambah jadi punya nilai ekonomi yang bisa digunakan industri,” jelas dia.

Haryoko menyampaikan ini menjadi bagian dari usaha Pemkot Jogja untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan hasil peninjauan TPA Piyungan akan dibahas bersama dan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tinjau TPA Piyungan, Pemkot Jogja Buka Kemungkinan Pengelolaan Sampah Berteknologi RDF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya