SOLOPOS.COM - Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar ditemui di UGM, Jumat (20/10/2023). - (Harian Jogja/Catur Dwi Janati)

Solopos.com, SLEMAN — Puluhan perusahaan yang terlibat dalam masalah kebakaran hutan dan lahan telah disegel oleh Tim Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ditjen Dakkum sudah memasang police line. Di daerahnya [perusahaan] itu sudah di-police line. Itu sudah 48 perusahaan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Jumat (20/10/2023).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Bila merujuk situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setiap pelaku usaha perkebunan dilarang untuk membuka maupun mengolah lahan dengan cara membakar. Termasuk tidak membiarkan terjadinya kebakaran lahan di lokasi usaha/kegiatannya dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian.

Selain telah menyegel puluhan perusahaan terkait dengan karhutla, KLHK juga menegur ratusan perusahaan ihwal persoalan yang sama.

“Yang sudah kami tegur ada 230 lebih atau bahan 260-an gitu,” ujar dia.

Perusahan yang kena tegur maupun penyegelan ini disebutkan Siti tersebar di berbagai wilayah. Dia juga menambahkan bila lokasi yang terlibat karhutla sebenarnya cuma itu-itu saja.

“Tersebar, tapi kalau lihat gambarannya sekarang kan yang paling banyak di Sumatera Selatan, selain itu di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jambi dan Riau. Ya daerahnya itu-itu saja lah,” ungkapnya.

Untuk membereskan masalah karhutla ini, ada sejumlah langkah yang bakal ditempuh KLHK. Seperti pemadaman api hingga modifikasi cuaca.

“Kami sudah melakukan yang bisa diantisipasi, diantisipasi dengan teknik modifikasi cuaca, dengan pemadaman darat, water bombing, memang perlakuannya berbeda,” jelasnya.

Di sisi lain, Siti juga sempat menyinggung jumlah hot spot atau titik panas yang sampai saat ini mencapai 7.000 titik. Jumlah ini sebenarnya jauh lebih sedikit dibanding beberapa tahun silam.

Pada 2015 jumlah hot spot yang terekam mencapai 70.000. Pada 2019 jumlah hotspot yang terdata sekitar 21.000.

“Jadi sebetulnya kalau sekarang sih harusnya lebih terkendali. Tetapi yang aneh juga ada, kebakarannya di tepi-tepi jalan tuh. Terus kenapa itu, nah begitu kira kira,” ungkapnya.

Terkait dengan kebakaran yang terjadi, Siti tak melepaskan faktor manusia yang ikut andil dalam terjadinya kebakaran. Hanya saja pihaknya kini tengah mewaspadai potensi kebakaran yang disebabkan oleh pembukaan lahan baru.

“Kalau itu sih dari awal kami sudah tahu, bahwa kebakarannya pasti karena faktor manusia. Yang kami sedang waspadai adalah kebakaran yang orang membuka lahan. Dia dapat izin baru misalnya, tahu-tahu dia bakar aja itu supaya bisa nanam sawit misalnya gitu. Itu yang sekarang lagi ditangani,” tegasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tersangkut Kasus Karhutla, Puluhan Perusahaan Disegel Kementerian LHK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya