SOLOPOS.COM - Monyet ekor panjang (foto: libregraphics.asia)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Warga di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, diresahkan serangan kawanan monyet ekor panjang. Bahkan, kawanan monyet itu masuk ke rumah dan merusak tanaman warga.

Ketua Pengelola Desa Wisata Nglanggeran, Mursidi, mengatakan konflik dengan monyet ekor panjang merupakan hal biasa dan terjadi setiap tahun. Ancaman semakin meningkat khususnya pada saat musim kemarau.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Kawanan monyet pada turun gunung. Ini dikarenakan sumber air dan makanan di atas gunung sudah habis,” kata Mursidi kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Menurut dia, turunnya kawanan monyet tidak hanya berada di area wisata seperti pendopo atau pintu masuk Gunung Api Purba. Namun, keberadaannya juga sudah sampai ke rumah-rumah warga.

Diakuinya, kondisi ini jelas sangat meresahkan karena kawanan monyet ekor panjang sudah merusak tanaman pangan dan buah-buahan seperti mangga dan lain sebagainya. Selain itu, hewan primata ini juga mulai berani masuk ke rumah-rumah dengan mengambil isinya.

“Dulu hanya barang dagangan milik pedagang. Tapi, sekarang sembarang diambil seperti telur di kandang ayam. Untuk jumlahnya sekali datang bisa mencapai ratusan ekor,” katanya.

Untuk mengantisipasi serangan itu, sudah dilakukan penanaman bibit buah. Namun, belum sampai bibit pohon buah tumbuh besar sudah dicabuti oleh kawanan monyet.

Hal senada diungkapkan oleh Heru, warga Nglanggeran. Menurut dia, intensitas kedatangan monyet meningkat pada saat kemarau.

Nawan, salah seorang warga Padukuhan Plumbungan, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, mengaku beberapa waktu lalu ada seekor monyet ekor panjang sampai ke wilayahnya yang berada di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Dia menyampaikan kawanan menjarah ke rumah warga karena tidak ada lagi area pertanian yang bisa dijarah.

“Mungkin stoknya sudah habis sehingga nekat ke rumah warga,” katanya.

Ia berharap ada solusi terkait dengan keberadaan kawanan hewan liar ini. Meski demikian, Heru memastikan keberadaan monyet-monyet tidak sampai menganggu aktivitas pariwisata di Nglanggeran.

“Hingga sekarang belum ada laporan gangguan monyet ke pengunjung. Tapi, untuk serangan ke rumah-rumah warga sudah banyak,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Bikin Resah, Kawanan Monyet Masuk Rumah Warga Nglanggeran Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya