SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan lalu lintas. (Freepik)

Solopos.com, BANTUL–Satu pelajar meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di ring road selatan, Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhir pekan lalu. Sedangkan satu pelajar lainnya mengalami luka-luka.

Menurut Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, kecelakaan tunggal di ring road selatan tersebut menimpa dua orang yang tengah berboncengan, yakni pelajar berinisial FRPS, 19, dan RHO, 16, warga Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kecelakaan tersebut tepatnya terjadi di Jl. Ahmad Yani, atau depan Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Sabtu (18/11/2023) sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu, FRPS tengah memboncengkan RHO menggunakan sepeda motor merek Honda Beat dengan No. Pol. AB 5655 JR.

Dia menjeaskan kecelakaan lalu lintas berawal saat sepeda motor Honda Beat AB 5655 JR melaju di Jalan Ringroad A. Yani pada jalur cepat dari arah barat ke arah timur.

“Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara [TKP] sepeda motor Honda Beat AB 5655 JR menabrak pembatas jalan, kemudian sepeda Honda Beat AB 5655 JR hilang keseimbangan, kemudian oleng dan terjatuh di jalan, sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (20/11/2023).

Akibat kecelakaan tersebut FRPS meninggal dunia di TKP sedangkan RHO mengalami luka patah tulang tangan kanan. Keduanya lantas dibawa ke RS Panembahan Senopati, Kabupaten Bantul.

Sementara itu, sepanjang Januari-Agustus 2023, Polres Bantul mencatat ada 1.350 kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah Bumi Projotamansari. Penyebab kecelakaan pun beragam, antara lain karena kelalaian pengendara.

Dari 1.350 kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut, sebanyak 92 orang meninggal dunia; 1.554 orang luka ringan; dan tidak ada korban luka berat. Dari jumlah kecelakaan tersebut pun diperkirakan total kerugian mencapai sekitar Rp490 juta.

Jeffry menguraikan kecelakaan tersebut mayoritas terjadi di Jalan Parangtritis, Blok O, dan Ring Road Selatan. Sehingga, dari catatan Polres Bantul ketiga jalan tersebut menjadi jalan rawan kecelakaan yang menjadi prioritas operasi lalu lintas.

“Untuk data kami dan yang biasa menjadi prioritas wilayah operasi itu rawan lakalantas dan rawan pelanggaran yaitu Jalan Paris, Blok O, dan Ring Road Selatan. Namun, bukan berarti wilayah lain tidak rawan, karena lakalantas bisa terjadi di mana saja,” katanya.

Berita ini sudah tayang di harianjogja.com dengan judul Seorang Pelajar Tewas dalam Kecelakaan Tunggal di Ringroad Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya