SOLOPOS.COM - Kapan hujan turun di Solo. (freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan turun di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta mulai November 2023. Diprediksi hujan akan mengguyur wilayah DIY hingga Februari 2024.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jogja, Reni Kraningtyas, menjelaskan meskipun di beberapa wilayah sudah berlangsung hujan dengan intensitas kecil, hanya saja awal masuknya musim penghujan di DIY diprediksi baru dimulai pada November mendatang. Hujan akan mengguyur hingga Februari yang merupakan masa puncaknya.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

“Prakiraan curah hujan Oktober masih 100 mm per bulan belum masuk musim hujan. Pada November sudah 200 mm per bulan jadi sudah masuk kriteria awal musim hujan, ini ditandai dengan tiga dasarian berturut-turut di atas 150 mm,” jelas dia, Kamis (19/10/2023).

Selanjutnya, hasil analisis BMKG menyebutkan bahwa pada Desember curah hujan berada di angka 201 mm sampai 400 mm per bulan dan Januari 200 mm sampai 400 mm per bulan. Angka ini termasuk menurun dibandingkan masa normal lantaran adanya dampak El Nino. Di masa normal curah hujan DIY berada di angka sekitar 500 mm per bulan bahkan lebih pada bulan Desember.

“Oktober dasarian dua sudah mulai masuk musim hujan. Namun resminya kami tetapkan di November dasarian satu itupun baru terjadi di Kulonprogo utara yang paling awal. Makanya secara keseluruhan DIY itu di November dasarian tiga baru mengalami musim hujan,” jelasnya.

Sementara untuk wilayah Kota Jogja dan Sleman selatan, Bantul utara, dan Kulonprogo barat bahkan ada yang mengalami musim penghujan baru Desember  yang paling belakangan. Perbandingan awal musim hujan ini umumnya mundur dua sampai tiga dasarian atau 20 hari hingga sebulan normalnya untuk musim hujan periode 2023 2024 di DIY.

“Durasi musim hujan juga lebih pendek ya karena mundur ada yang cuma 13 dasarian, dan ada juga yang 21 dasarian itu pun hanya sedikit. Tapi umumnya 16 sampai 18 dasarian jadi sekitar lima dan enam bulan. Akhir musim hujannya itu pada April dasarian tiga dan ada sebagian kecil yang awal Mei,” pungkas dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sabar, Musim Hujan di Jogja Diprediksi Mulai November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya