SOLOPOS.COM - Petugas melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara di Gedung Kesenian Wates, Kulon Progo. ANTARA/Sutarmi

Solopos.com, KULONPROGO — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menyelesaikan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu Serentak 2024 sebanyak Total jumlah surat suara 1.762.415 lembar.

Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana di Kulon Progo, Sabtu (13/1/2024), mengatakan surat suara 1.762.415 lembar untuk DPR RI, pemilihan presiden, dan DPRD provinsi.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Saat ini, proses pelipatan dan penyortiran surat suara untuk DPRD kabupaten,” ujar Budi.

Ia mengatakan target pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2024 selesai pada 15 Januari. Penyortiran surat suara untuk mengecek kondisi dan kelayakannya melibatkan 200 petugas. Hal ini bertujuan proses selesai dengan tenggat waktu yang ditetapkan.

Petugas penyortir juga sudah kami tambah dari 126 orang, sekarang jadi 200-an petugas penyortir. “Kami optimistis penyortiran dapat selesai sesuai jadwal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan kerusakan surat suara tersebut cenderung merata di setiap kontestasi, seperti pemilihan presiden (Pilpres), DPR RI, dan DPRD DIY. 

Kerusakan surat suara untuk Pilpres sebanyak 696 buah, DPR RI terdapat surat suara rusak sebanyak 2.347, dan DPRD DIY yang surat suaranya rusak ada 1.471 buah, atau apabila ditambah menjadi 4.460 lembar.

Kerusakan surat suara hasil penyortiran tersebut antara lain ditemukan cipratan tinta pencetakan surat suara, kusut, hingga robek.

“Kerusakan surat suara ini sudah kami konsultasikan ke KPU DIY, untuk DPRD Kulon Progo surat suaranya masih disortir,” imbuhnya.

Budi mengatakan gudang logistik Pemilu 2024 di Gedung Kesenian Wates dijaga ketat dari kepolisian dan petugas keamanan internal KPU Kulon Progo. “Pengamanan juga menggunakan CCTV,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya