SOLOPOS.COM - Suasana sosialisasi dimulainya pembangunan tol Solo-Jogja Paket 2.2 kepada warga di Kalurahan Trihanggo pada Kamis (5/10/2023). - Istimewa/PT. Adhi Karya

Solopos.com, SLEMAN — Warga Kalurahan Trihanggo, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, mulai mendapatkan sosialisasi terkait rencana dimulainya pembangunan proyek jalan tol Solo-Jogja Paket 2.2 di Ring Road Utara area Trihanggo.

Humas PT.  Adhi Karya Pembangunan Tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto, mengatakan sosialisasi tersebut lebih banyak membahas tentang persiapan dimulainya pengerjaan tol Solo-Jogja di area Trihanggo. Pasalnya pada Oktober ini, agenda land clearing atau pembersihan area terdampak tol yang makin luas dilakukan.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Pelebaran jalan di sisi-sisi Ring Road Utara area Trihanggo juga dijadwalkan mulai berjalan bulan ini. Dengan target, akhir November nanti pelebaran jalan bisa rampung dan penggarapan pilar-pilar tol melayang di atas Ring Road bisa mulai dikerjakan.

“Agenda hari ini adalah sosialisasi dimulainya pembangunan jalan tol Jogja-Solo, khususnya yang melewati Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman. Jadi yang di sekitaran Ring Road Utara ya, jadi sosialisasi dimulainya pembangunan, jadi bukan tentang pembebasan lahan tapi pembangunan secara fisik, fisik jalan tol yang sudah akan kami kerjakan,” tegas Agung pada Kamis (5/10/2023).

Agung menjelaskan warga banyak yang menanyakan soal kepastian rute. Pertanyaan ini juga dilontarkan para warga yang memiliki usaha di sekitar area pembangunan tol.

“Rute, jadi mereka tanya apakah masih berubah rutenya, terutama bagi yang punya usaha di pinggir-pinggir Ring Road,” ungkapnya.

Perihal rute ini, warga juga menanyakan ada tidaknya penutupan jalan yang bakal diterapkan saat pembangunan tol. Agung memastikan Ring Road Utara yang terdampak tol masih bisa dilalui kendaraan meski terjadi penyempitan jalan.

“Apakah ada penutupan atau seperti apa, tadi saya jawab, tidak ada penutupan total. Jadi tetap kita fungsikan, cuma ada penyempitan ya, karena jalur lambat sama jalur cepatnya dia digabung, jadi tidak ada jalur lambat. Jadi nanti jalur cepat sama jalur lambat itu akan menjadi satu,” jelasnya.

Ditemui beberapa waktu lalu, Project Engineering Manager PT. Adhi Karya Pembangunan tol Solo-Jogja Paket 2.2, Ikhwan Ramadhianto, menerangkan sebelum penggarapan konstruksi di tengah jalan Ring Road area Trihanggo dikerjakan, pihak kontraktor terlebih dahulu akan melebarkan jalan di area Ring Road. Pelebaran ini akan dilakukan di kedua sisi Ring Road dengan masing-masing lebar satu meter tiap sisinya.

Langkah pelebaran jalan ini diharapkan membuat kondisi jalan masih cukup lebar saat proyek pembangunan tol Solo-Jogja di tengah Ring Road berlangsung. Pelebaran jalan akan dilakukan hampir sepanjang satu kilometer, yakni sekitar 500 meter di timur simpang empat Kronggahan hingga tikungan Ngawen.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pembangunan Tol Solo-Jogja di Ring Road Utara Segera Dimulai, Warga Trihanggo Dapat Sosialisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya