SOLOPOS.COM - Salah satu pedagang nangka muda di Pasar Beringharjo, Giyarti saat diwawancara, Rabu (27/3/2024). (Harian Jogja/Alfi Annissa Karin)

Solopos.com, JOGJA – Penjualan kuliner gudeg diprediksi meningkat tajam pada momen libur Lebaran 2024. Hal ini karena ada jutaan orang yang akan masuk ke wilayah Jogja pada saat momen Lebaran.

Perminataan kuliner gudeg yang tinggi menjelang libur Lebaran menjadikan kebutuhan akan bahan baku berupa Nangka muda juga ikut-ikutan naik. Hal ini mengakibatkan harga Nangka muda di Pasar Beringharjo naik drastis, bahkan kenaikannya lebih dari tiga kali lipat.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Salah satu pedagang nangka muda di Pasar Beringharjo, Giyarti, menuturkan sudah dua pekan ini harga nangka muda melonjak drastis. Normalnya dibanderol dengan harga Rp8.000 per kilogram. Namun, kini bisa mencapai Rp25.000 per kilogram.

Dia menuturkan kenaikan permintaan tak dibarengi dengan ketersediaan stok. Dia mengaku cukup kesulitan mendapatkan pasokan nangka muda. Sebab, saat ini bukan musim nangka. Pasokan nangka muda harus dicukupi dari luar daerah.

“Ambilnya dari Boyolali, Kebumen, atau Sumatera. Tapi kalau Sumatera harus langsung habis hari itu juga karena sudah lama di perjalanan,” katanya saat ditemui di Pasar Beringharjo, Rabu (27/3/2024).

Dia mengatakan nangka muda yang dia terima dari pemasok juga ukurannya terlampau lebih kecil dibanding dengan nangka muda biasanya. Ini lantaran harga tengah melambung, sehingga meski masih kecil buah nangka sudah dipanen.

Keterbatasan stok menjadikan Giyarti harus pintar-pintar membagi alokasi nangka muda pada pelanggan setianya yang kebanyakan merupakan pemilik warung gudeg besar di Jogja.

“Biasanya bisa minta ke saya 30 kg sampai 50 kg, kemarin saya hanya bisa kasih 20 kg. Kalau misal ada satu yang tidak diambil, saya setorkan ke yang lain,” imbuhnya.

Dalam sehari, biasanya Giyarti mampu menjual hingga 3 kuintal nangka muda. Bahkan, saat ramai utamanya momen Lebaran dan liburan, penjualan nangka muda bisa mencapai 4 kuintal.

“Tapi hari ini tadi hanya 1,5 kuintal karena memang barangnya langka,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Permintaan Gudeg Jelang Liburan Meningkat, Harga Nangka Muda Naik 3 Kali Lipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya