SOLOPOS.COM - Pantauan CCTV di kawasan Malioboro, Jogja, Minggu (27/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Satlantas Polresta Jogja melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) saat malam tahun baru (31/12/2023) besok. Salah satu rekayasa lalin itu diterapkan di kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) dengan menggelar car free night. Berikut jadwal car free night di Malioboro saat malam Tahun Baru 2024.

Kasatlantas Polresta Jogja AKP Maryanto menuturkan car free night di kawasan Malioboro akan mulai diberlakukan seperti biasanya, yakni pukul 18.00 WIB. Meski demikian, aturan ini akan diterapkan lebih lama yakni hingga pukul 01.00 WIB.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Selain itu, arus lalin yang menuju Malioboro dari arah Kleringan bawah dan atas atau dari Jalan Margo Utomo akan diputarkan terlebih dahulu di Stadion Kridosono. Ini untuk mengurangi durasi kepadatan di seputaran Jalan Abu Bakar Ali. Lalu, kendaraan bisa menuju ke Malioboro melalui pintu masuk Kafe Legend.

Dia memastikan, pintu masuk Malioboro via Kafe Legend tak akan diberlakukan buka tutup jalan. “Tetap mengalir terus, sehingga perlahan kendaraan akan bisa menuju ke Malioboro,” jelas Maryanto, Sabtu (30/12/2023).

Dia menambahkan, arus lalin di seputaran Gardu Aniem dari Jalan Mataram nantinya akan dilakukan kanalisasi. Sehingga dipastikan seluruh kendaraan bisa masuk ke kawasan Malioboro. Lalu, di ujung sebelah barat juga turut akan diberlakukan kanalisasi. Ini untuk memungkinkan kendaraan juga bisa masuk ke Jalan Pasar Kembang. Maryanto mengatakan, kemungkinan akan terjadi kepadatan di Jalan Pasar Kembang. Namun, ini bisa disiasati dengan rekayasa lalin di Simpang Jlagran.

“Di mana untuk kendaraan yang arah ke kiri kita jalankan terus. Nanti akan kita flash, sehingga secara umum personil akan melaksanakan pengaturan lalu lintas secara cepat untuk bisa kita tarik dan mengarah ke Tentara Pelajar, Letjen Suprapto,” imbuhnya.

Maryanto menyebut selain di jalan utama Malioboro, pengalihan arus juga akan dilakukan di sirip-sirip Malioboro. Dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB. Sehingga, nantinya para pengenada becak maupun andong tak lagi bisa masuk ke area Malioboro. Ini untuk mengurangi terjadinya crossing kendaraan dan mengurangi kepadatan di sirip Malioboro. Sejauh ini, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola hotel di sekitaran Malioboro.

“Sehingga tamu hotel bisa cek in sebelum waktu yang sudah kita tentukan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya