SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X (Harian Jogja-Desi Suryanto)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Prancis bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pada tiga bidang meliputi kebudayaan, pariwisata, dan perguruan tinggi. Pertemuan dalam membahas rencana awal kerja sama itu digelar di kompleks Kepatihan, Kamis (5/10/2023).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyatakan segera menindaklanjuti rencana awal kerja sama di tiga bidang itu ke depan.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Kami akan menindaklanjuti apa yang sudah jadi kesepakatan baik itu soal internal maupun di dalam pemberitahuan ke pemerintah,” ujarnya.

Sultan menyebut kerja sama kedua wilayah itu akan semakin mudah lantaran sebelumnya sejumlah komunitas dan lembaga Prancis sudah bermukim di wilayah setempat.

“Prinsipnya komunitas Perancis dan juga lembaganya kan sudah ada di sini, tinggal meningkatkan dan mempererat saja ke depannya,” ujar Sultan.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone mengatakan tiga bidang meliputi budaya, wisata dan perguruan tinggi dipilih menjadi sektor yang dikerja samakan dengan Pemda DIY.

“Selain komunitas dan lembaga budaya, perusahaan ekonomi kreatif juga ada yang sudah berdiri di sini. Dengan beberapa kampus juga kita sudah ada yang berkolaborasi di bidang sains ilmiah,” ucapnya.

Dia menyebut kunjungan itu juga untuk menginformasikan dua seniman Prancis akan tampil dalam Biennale Jogja 17 2023 pada  6 Oktober-25 November 2023.

“Ini juga termasuk dalam kerja sama di bidang budaya dengan dua orang seniman kami terlibat dalam acara Biennale,” jelas dia.

Di sisi lain, lembaga Institut Français Indonesia (IFI) Jogja juga sudah berdiri lama di wilayah ini dalam mengembangkan dan mengkolaborasikan kebudayaan.

“Ke depan kami mau kerja sama semakin erat dan kami akan kembali lagi dalam enam bulan ke depan untuk melihat hasil pembahasan hari ini perkembangannya seperti apa,” pungkas dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Perancis dan Jogja Kaji Kerja Sama di Tiga Bidang Meliputi Budaya, Kampus dan Wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya