SOLOPOS.COM - Wisatawan mengikuti wisata petualangan Lava Tour Merapi menggunakan mobil jip offroad di kali Kuning kawasan lereng gunung Merapi Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (12/2022). Pengelola mengaku sejak sepekan menjelang libur Natal dan tahun baru 2023 yang bertepatan dengan libur sekolah wisata Lava Tour Merapi mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

Solopos.com, SLEMAN – Sebanyak 234.319 pengunjung memadati kawasan wisata di Kabupaten Sleman selama libur Lebaran 2024. Destinasi wisata paling banyak dikunjungi wisatawan yakni di wisata lereng Gunung Merapi dan taman wisata candi.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto, mengatakan selama libur Lebaran terjadi lonjakan kunjungan di destinasi wisata di Bumi Sembada. Tercatat hingga Minggu (14/4/2024) ada sebanyak 234.319 pengunjung.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Menurut dia, jumlah kunjungan ini masih bisa bertambah dikarenakan data pengunjung pada Senin (15/4/2024) masih berlangsung.

“Tentu masih ada tambahan karena kunjungan masih berlangsung,” kata Kus Endarto kepada wartawan, Senin sore.

Menurut dia, kunjungan tertinggi masih didominasi di destinasi yang berada di sisi timur Sleman. Sebagai contoh, Kawasan wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko menyumbang kunungan sebanyak 26,99%.

Adapun dari kawasan lereng Merapi mampu menyumbang kunjungan sebesar 35,06%. Sedangkan wisata Tebing Breksi menyumbang sebesar 4,61% dan sisanya berasal dari destiniasi lain di Kabupaten Sleman.

“Untuk pengujung di lereng Merapi, yang mendatangi Kawasan Kaliurang mencapai 10,35% dan yang berwisata melalui volcano tour menyumbang kunjungan sebesar 24,71%,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan sudah mematok target kunjungan wisata selama libur Lebaran. Diperkirakan ada 300.000-450.000 pengunjung akan memadatai kawasan wisata yang dikelola pemkab maupun oleh Taman Wisata Candi (TWC).

Menurut dia, untuk mencapai target tersebut juga sudah menyiapkan beberapa atraksi wisata, salah satunya di Kawasan Kaliurang.

“Atraksi seni ini akan berlangsung pada 13-15 April di Kawasan wisata Tlogo Putri,” katanya, Kamis (5/4/2024).

Ishadi menjelaskan, untuk kunjungan masih didominasi oleh wisatawan dalam negeri. Adapun kunjungan ke destinasi juga belum bisa lepas dari objek unggulan seperti Kawasan wisata Candi, Lereng Merapi dan Tebing Breksi.

“Untuk destinasi lain juga ada peningkatan, tapi diprediksi tidak sebanyak kunjungan di destinasi di Kawasan Sleman sisi timur,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ratusan Ribu Wisatawan Serbu Objek Wisata di Sleman, Terbanyak di Candi dan Kaliurang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya