SOLOPOS.COM - Ilustrasi juru parkir liar. (Antara)

Solopos.com, JOGJA – Seorang juru parkir liar yang beroperasi saat libur Lebaran ditangkap petugas kepolisian. Juru parkir ini ditangkap karena melakukan nuthuk tarif atau memungut biaya parkir lebih tinggi dari ketentuan yang berlaku.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Jogja, Imanudin Aziz, mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari Polresta Jogja terkait adanya jukir yang diketahui nuthuk tarif saat libur Lebaran tahun ini.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Jukir tersebut sudah digelandang ke Polresta Jogja untuk diminta keterangan terkait dengan aktivitasnya yang ilegal dan termasuk ke dalam pungutan liar akibat menyalahi aturan parkir dengan tarif melebihi batas yang ditentukan.

“Ada laporan ke kami, cuma tidak banyak,” kata Aziz, Senin (15/4/2024).

Dia menjelaskan, jukir tersebut tertangkap oleh petugas saat beroperasi di kawasan Jalan Pasar Kembang. Pada malam hari, jukir itu menggeser pembatas jalan portabel yang ada di pinggir jalan untuk melaksanakan aktivitas parkir liar.

“Sudah ditindak Satreskrim Polresta Jogja. Setelah kami koordinasi langsung ditindak dan disidang pada Selasa, 16 April besok,” ujarnya.

Menurut Aziz, masih maraknya parkir liar di Kota Jogja apalagi saat musim liburan memang diakibatkan oleh terbatasnya tempat khusus parkir di wilayah setempat. Dengan kondisi itu banyak oknum warga yang memanfaatkan dengan mengadakan parkir liar di pinggir jalan.

“Kami akui memang kapasitas parkir di Jogja belum optimal, belum tersedia banyak. Apalagi dengan pergerakan wisatawan yang susah ditebak. Misalnya malam tinggi sementara siang sepi, membuat jukir liar marak,” katanya.

Dishub Jogja pun pada H-7 sampai dengan H+7 lebaran ini berupaya melaksanakan penertiban parkir liar demi mencegah munculnya tarif nuthuk. Pengawasan dilaksanakan di jalan-jalan dan pusat wisata yang biasanya berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas akibat adanya parkir liar.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Nuthuk Tarif Saat Libur Lebaran, Jukir Liar di Area Sarkem Digelandang Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya