SOLOPOS.COM - Nelayan di Pantai Sedahan sedang mengevakuasi korban terseret arus pada Minggu (17/9/2023) pagi. (Istimewa/SAR)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Seorang remaja asal Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, terseret ombak di Pantai Sedahan, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (17/9/2023). Remaja bernama Rizky Rama Dhanu itu terseret ombak saat sedang bermain air di pantai tersebur.

Peristiwa kecelakaan laut itu terjadi saat remaja berusia 18 tahun itu bersama teman-temannya di Pantai Sedahan sekitar pukul 07.00 WIB. Sedangkan saat kejadian, gelombang laut berpotensi ada kenaikan, tetapi hal itu tidak dihiraukan oleh Rizky.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Berulang kali teman-teman korban mengingatkan agar tidak main ke tengah laut. Namun, imbauan tidak dihiraukan sehingga saat ada ombak besar, tubuh korban ikut terseret ke palung di tengah.

Teman korban akhirnya meminta bantuan ke warga setempat. Korban pun bisa meraih pelampung yang dilemparkan untuk penyelamatan. Selanjutnya, korban dievakuasi menggunakan perahu milik nelayaan.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1 di Pantai Sadeng, Sunu Handoko, mengatakan peristiwa kecelakaan laut ini harus menjadi pelajaran bersama. Para pengunjung dimeminta terus berhati-hati dan tidak bermain di area berbahaya.

“Ada laka laut di Pantai Sedahan, yakni pelajar asal Sukoharjo, Jawa Tengah. Beruntung dapat diselamatkan oleh nelayan sekitar,” kata Sunu kepada wartawan, Minggu siang.

Meski selamat, ia mengakui kondisi korban sempat lemas. Oleh tim penyelemat, korban juga sempat dilarikan ke klinik kesehatan di Kalurahan Jepitu, guna mendapatkan perawatan.

“Kami bersyukur kondisinya telah membaik dan sudah dibawa pulang oleh teman-temannya,” kata Sunu.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, untuk kondisi di Kawasan Pantai relative landau. Pasalnya, kenaikan gelombang hanya terjadi pada Sabtu (16/9/2023), sedangkan kondisi Minggu sudah berangsur-angsur normal.

“Hingga pukul 12.30 WIB, kondisi di wilayah dua aman dan terkendali,” katanya.

Meski demikian, ia berharap kepada para pengunjung untuk terus berhati-hati dan tidak bermain di area berbahaya.

“Kami sudah siagakan seluruh personel dan terus memperingatkan seluruh wisatawan agar tidak bermain di area yang berbahaya,” kata Suris.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pelajar Asal Sukoharjo Terseret Ombak di Pantai Sedahan Gunungkidul, Berikut Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya