SOLOPOS.COM - Ngatimin, salah seorang warga di Padukuhan Karangnongko, Kemiri merangkak tiba di balai padukuhan seusai merangkak sejauh satu kilometer dari rumahnya. Minggu (12/11/2023). (istimewa/Anggota DPRD Gunungkidul)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Ngatimin, seorang warga Padukuhan Karangnongko, Kemiri, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, mengekspresikan kebahagian dengan merangkak sejauh satu kilometer. Aksi ini dilakukan karena jalan di kampungnya akhrinya diaspal untuk pertama kalinya sejak jalan tersebut ada.

Sebagai bentuk ekspresi kegembiraan, aksi merangkak itu juga untuk merealisasikan nazarnya karena jalan di kampungnya telah diaspal.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Di 2014 lalu saya berjanji akan berjalan merangkak kalau jalan di kampung bisa diaspal,” kata Ngatimin saat dihubungi wartawan, Senin (13/11/2023).

Dia menceritakan pada 2014 dirinya mengeluhkan kondisi jalan di kampungnya yang masih berupa bebatuan dan jalan tanah. Selama bertahun-tahun, jalan tersebut tidak pernah diaspal. Sedangkan perbaikan jalan hanya berupa sebatas cor blok dan itu pun belum menjangkau keseluruhan jalan.

Namun, kata dia, pada 2023 ada dana aspirasi dari anggota DPRD yang turun dan pengaspalan pun direalisasikan.

“Saya pun berjurar kalau [jalan] diaspal, maka [saya] akan merangkak ke balai padukuhan. Ini saya tepati janji saya,” ujar dia.

Dia mengaku saat merangkak mendapatkan dukungan dari tetangganya. Saat merangkak dari rumah hingga balai padukuhan ada ratusan orang yang mengikutinya.

“Untuk pengamanan bagian tangan berlandaskan sandal, dan memakai celana jin sehingga bagian [kaki] terlidungi,” katanya.

Dukuh Karangnongko, Pamungkas Sedia Wirawan, mengatakan jalan yang dibangun merupakan jalan kampung di RT 05. Ia tidak menampik wilayah ini termasuk pelosok karena pembangunan tertinggal dengan desa lain.

Selain pengaspalan yang dilakukan di tahun ini, untuk sarana prasarana pendukung seperti PDAM dan listrik baru masuk pada 2022. Adapun kebutuhan listrik sebelum ada instalasi, warga banyak yang menyambung dari rumah ke rumah.

“Adanya pengaspalan tentunya membuat warga senang dan antusias karena fasilitas yang dimiliki jadi semakin lengkap,” katanya.

Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi Gerindra, Lagiyo, mengatakan warga senang dengan pengaspalan jalan di Padukuhan Karangnongko. Bahkan, sambung dia, ada yang rela merangkak sejauh satu kilometer untuk menunaikan janjinya apabila ada pengaspalan.

“Sudah tugas kami untuk menyerap aspirasi dan mewujudkan program yang bisa bermanfaat bagi warga,” katanya.

Lagiyo berharap dengan pengaspalan ini, maka bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya mempermudah aktivitas untuk mengangkut hasil panen.

“Jalannya memang sering dilalui warga, tapi baru bisa diaspal tahun ini,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Girang Jalan di Rumahnya Diaspal untuk Pertama Kalinya, Warga Ini Merangkak Sejauh 1 Km

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya