SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek perbaikan jalan. (Freepik.com).

Solopos.com, KULONPROGO — Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan anggaran senilai Rp68 miliar untuk pembangunan 47 ruas jalan pada 2024. Puluhan ruas jalan yang diperbaiki merupakan jalan kabupaten yang tersebar di seluruh Kulonprogo.

Sebanyak 47 jalan kabupaten yang akan diperbaiki itu terdiri dari dua kelompok, yaitu jalan kabupaten dan jalan desa yang sudah berstatus jalan kabupaten.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kelompok pertama jalan kabupaten yang akan diperbaiki ada 28 ruas, yaitu Jalan Turusan-SD Purwosari, Jalan Pripih-Pasar Pengkolan, Jalan Giripurwo-Gendu, JAlan Triharjo-Ngestiharjo, Jalan Girinyono-Gupit, hingga Jalan Mengunggungan-Ngulakan.

Selain itu juga ada Jalan Ploso Banguncipto-Donomerto, Jalan Ngaran II-Balong, Jalan Panceran-Glagah, Jalan Poros Desa Pandowan, hingga Jalan Kokap-Kalirejo. Sementara kelompok jalan kabupaten kedua yang akan diperbaiki meliputi Jalan Giripeni-Tegal Lembut, Jalan Jimatan-Srikayangan, Jalan Tayuban-Mangunan, hingga Jalan Kaliwiru-Wonobroto.

Total anggaran yang akan digunakan untuk perbaikan jalan dengan 47 ruas di Kulonprogo itu mencapai Rp68 miliar. Dibanding perbaikan jalan pada 2023, anggaran perbaikan tahun depan lebih kecil ketimbang anggaran tahun ini yang mencapai Rp81 miliar.

Perbaikan 47 ruas jalan itu akan dikelola Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Penataan Kawasan (DPUPKP) Kulonprogo. Panjang jalan yang akan diperbaiki variatif mulai dari paling pendek 150 meter hingga paling panjang 350 meter.

Selain itu, ada juga pola perbaikan jalan dengan sisitem paket. Perbaikan dengan sistem paket akan dilakukan di 21 ruas jalan.

“Sistem paket ini akan dilakukan terlebih dulu pemetaan kondisinya, sehingga perbaikan yang dilakukan didasarkan kebutuhan lapangan nantinya,” jelas Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan DPUPKP Kulonprogo Wuriandreza Gigih Muktitama, Selasa (19/12/2023).

Gigih menjelaskan perbaikan jalan yang akan dilakukan dinasnya meliputi penggantian aspal, perbaikan hingga pembuatan talud serta peninggian jalan.

“Yang jelas yang tergolong perbaikan jalan ini yang kondisinya sudah kerusakannya diatas 11 persen, bentuk kerusakannya biasanya aspal rusak, jalan bergelombang parah, dan lainnya yang mengganggu pengendara,” terangnya.

Semua proses perbaikan jalan tersebut, jelas Gigih, akan dilakukan dengan sistem tender. “Semuanya akan melalui proses tender, tidak ada yang padat karya atau swadaya masyarakat,” katanya.

Gigih menjelaskan sebanyak 47 ruas jalan yang diperbaiki itu merupakan hasil peninjauan dan pengawasan yang dilakukan DPUPKP Kulonprogo pada 2023 ini.

“Ada juga usulan masyarakat, sebenarnya memang belum semuanya ter-cover dalam perbaikan 2024 ini. Tapi karena keterbatasan anggaran kami lakukan secara bertahap sesuai prioritasnya,” tandasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Disiapkan Rp68 Miliar, 47 Ruas Jalan di Kulonprogo Diperbaiki Tahun Depan, Berikut Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya