SOLOPOS.COM - Ilustrasi menemukan lokasi memakai Google Maps. (Freepik)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dua ruas jalan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, direncanakan dihapus dari Google Maps selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024. Hal ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di dua ruas jalan yang rawan tersebut.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, mengatakan dua titik ruas jalan yang akan dimatikan di Google Maps yaitu di Clongop, Kalurahan Watugajah, dan Bundelan, Kalurahan Tancep. Menurut dia, ini menjadi langkah antisipasi karena masih ada kemungkinan masyarakat tidak tahu kerawanan ruas jalan tersebut.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Kami akan menambahkan pos pelayanan, pos pemantauan, dan pos pembantu selama libur Nataru,” jelas dia, Senin (18/12/2023).

Kepala Dishub Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan jajarannya akan membuka beberapa posko menjelang libur Nataru.

Posko Terpadu akan dibuka di Patuk dan Siyono, kemudian Pos Pelayanan Angkutan Penumpang akan dibuka di Kantor Dishub dan Terminal Semin. Kemudian Pos Pelayanan Jalur Wisata akan dibuka di Jalur Utama Baron, Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Pule Gundes, Tepus, dan Ngrenehan. Terakhir Pos Pengawasan dan Pengendalian Perparkiran di Wonosari dan Pantai Selatan.

Di Pos Terpadu, Dishub akan melakukan pendataan kendaraan arus masuk, pembantuan tim ganjal, pelayanan informasi dan rest area, pengamanan jalur dan antisipasi lalu lintas, dan pelayanan ketugasan posko lain.

Sedangkan di Kantor Dishub yang menjadi pos induk akan digunakan untuk pendataan angkutan lebaran 2023, pelayanan aduan masyarakat terkait fasilitas jalan, monitoring dan pelaksanaan pengelolaan Area Traffic Control System (ATCS), Penerangan Jalan Umum (PJU), Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL).

Sedangkan di Terminal Semin, Dishub akan melakukan pendataan kedatangan dan keberangkatan angkutan dan penumpang, pelayanan dan pengamanan angkutan nataru, pemeriksaan kesiapan angkutan dan kru bus, pemeriksaan angkutan wisata pada arus kunjungan wisata.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Jangan Sampai Makan Korban, Dua Jalan di Gunungkidul Dihapus dari Google Maps selama Liburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya